5 Langkah Persiapan UMKM Go Digital

content
Edukasi UMKM

20/01/2022

Zaman sekarang zamannya serba digital. Banyak bidang yang pada akhirnya beralih ke dunia digital, termasuk bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Apa saja langkah persiapan UMKM go digital? Simak uraiannya di bawah ini.


1. Punya wawasan tentang dunia digital

Langkah persiapan UMKM go digital yang pertama adalah mempunyai wawasan tentang dunia digital. Sebelum benar-benar terjun ke dunia digital, pebisnis UMKM harus punya wawasan yang baik tentang dunia digital. Dengan kata lain, pebisnis UMKM harus belajar terlebih dahulu seluk-beluk dunia digital. Ini penting agar nantinya ketika benar-benar terjun ke dunia digital, pebisnis UMKM tidak kaget karena sudah mempunyai bekal wawasan tentang dunia digital.


Belajar tentang dunia digital bisa dilakukan dari mana saja, tidak harus dari buku cetak. Pebisnis UMKM dapat melakukannya dengan berselancar di Google atau menonton video pada YouTube. Pebisnis UMKM harus belajar tentang dunia digital dengan rajin dan sungguh-sungguh sehinga wawasan yang dimilikinya banyak. Dengan demikian, pebisnis UMKM bisa benar-benar siap terjun ke dunia digital.


2. Mencari mentor bisnis

Walaupun Anda sudah belajar secara mandiri tentang seluk-beluk dunia digital, tidak ada salahnya Anda juga mencari orang untuk menjadi mentor Anda. Mencari seorang mentor tidak boleh sembarangan. Seorang mentor bisnis haruslah sudah berpengalaman mengalami jatuh bangun di dunia bisnis, termasuk di dunia digital.


Belajarlah bersama mentor bisnis Anda tersebut. Galilah ilmu sebanyak-banyaknya dari dia. Jika ada hal yang kurang jelas, jangan ragu untuk bertanya agar Anda tidak bingung. Ketika Anda sudah terjun ke dunia digital pun, tetap mintalah pendampingan dari mentor bisnis Anda agar Anda tidak salah langkah. Intinya, belajarlah sebanyak mungkin dari mentor bisnis Anda.


3. Lakukan riset pasar dan riset kompetitor

Ya, melakukan riset sebelum benar-benar terjun ke dunia digital amatlah penting. Tanpa riset yang baik, Anda tidak bisa mengetahui kondisi pasar. Sebaliknya, dengan riset yang baik, Anda dapat mengetahui dengan baik pula kondisi pasar sehingga ketika terjun ke dunia digital, Anda benar-benar siap.


Ada dua macam riset, yakni riset pasar dan riset kompetitor. Contoh riset pasar adalah mencari tahu produk yang laris dibeli konsumen pada marketplace tertentu. Dengan mengetahui produk yang laris dibeli, maka hal tersebut dapat menjadi inspirasi bagi Anda untuk menjalankan bisnis.


Selain riset pasar, ada pula riset kompetitor. Salah satu contoh riset kompetitor adalah mencari tahu berapa produk kompetitor yang laris terjual. Contoh lainnya adalah mencari tahu strategi pemasaran yang dilakukan kompetitor. Hal tersebut dapat Anda jadikan inspirasi ketika menjalankan bisnis.


4. Sediakan barang berkualitas

Barang berkualitas merupakan kunci keberhasilan UMKM untuk go digital. Tanpa barang berkualitas, konsumen akan kecewa dan memberikan rate yang buruk terhadap produk yang Anda jual. Sebaliknya, dengan barang berkualitas, konsumen akan merasa senang dan puas serta memberikan rate yang baik terhadap produk yang Anda jual. 


Pun, tidak menutup kemungkinan, konsumen yang senang dan puas tersebut menceritakannya kepada orang lain (word of mouth) dan tidak menutup kemungkinan pula, orang lain tersebut pada akhirnya ikut membeli produk Anda.


Apabila Anda tidak memproduksi sendiri produk yang Anda jual, maka carilah supplier yang berkualitas agar kualitas produk Anda terjaga. Anda dapat melihat rate dan review para supplier untuk menentukan supplier yang benar-benar berkualitas.

Halaman: 2
TAG:
UMKM
digital
UMKM go digital

Artikel Lainnya

content
Edukasi UMKM

02/02/2022

5 Tips Berbisnis Pakaian

content
Pasangiklan

29/03/2022

Promo Ramadan Pasangiklan.com

content
Edukasi UMKM

27/01/2022

5 Tips Sukses Berbisnis dari Jeff Bezos

Lihat artikel lainnya