5 Keunggulan Iklan Instagram bagi Bisnis Anda

content
Inspirasi UMKM

24/12/2021

Dalam dunia bisnis, Anda tentu mengenal yang namanya beriklan. Beriklan merupakan salah satu cara untuk mempromosikan bisnis yang Anda geluti. Ada banyak media untuk beriklan. Salah satu yang cukup populer di zaman serba digital ini adalah Instagram. Apa saja keunggulan iklan Instagram bagi bisnis Anda? Berikut penjelasannya.


1. Meningkatkan brand awareness

Brand awareness merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah bisnis. Tanpa brand awareness, orang tidak akan mengetahui kalau bisnis atau usaha Anda eksis. Dengan brand awareness, orang menjadi mengerti bahwa bisnis atau usaha Anda eksis dan pada akhirnya mau membeli produk Anda.


Dengan beriklan di Instagram – entah itu iklan dalam bentuk gambar, video, atau infografik – Anda dapat meningkatkan brand awareness. Apalagi, jumlah pengguna Instagram sangatlah banyak. Dengan beriklan di Instagram, akan ada banyak orang yang melihat bisnis atau usaha Anda dan dengan demikian brand awareness terhadap bisnis atau usaha Anda dapat meningkat.


2. Target iklan lebih spesifik

Dengan beriklan di Instagram, target iklan Anda menjadi lebih spesifik. Target iklan maksudnya calon pelanggan Anda. Instagram akan melakukan penargetan berdasarkan usia, jenis kelamin, jenjang pendidikan, pekerjaan, minat, kebiasaan, dan lain-lain.


Dengan penargetan tersebut, iklan Anda akan muncul pada beranda orang-orang yang menjadi calon pelanggan Anda. Semakin spesifik target iklan, maka semakin baik. Jika target iklan lebih spesifik, iklan Anda akan muncul pada beranda orang-orang yang memang memiliki ketertarikan terhadap bisnis atau usaha Anda. Hal tersebut akan membantu produk Anda bisa terbeli oleh orang-orang yang melihat iklan Anda.


3. Meningkatkan traffic ke website bisnis

Apabila selama ini traffic ke website bisnis Anda masih rendah, Anda dapat mencoba meningkatkannya dengan beriklan di Instagram. Pada iklan Instagram, terdapat sebuah fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk meletakkan tautan ke website bisnis Anda. 

Jika Anda ingin meningkatkan traffic ke website bisnis Anda melalui iklan Instagram, iklan Instagram Anda haruslah menarik. Jika iklan Instagram Anda menarik, orang akan tertarik untuk melihat. Pun, mereka akan merasa penasaran seperti apa produk yang Anda jual. 


Apabila mereka penasaran, mereka akan semakin terdorong untuk mengetahuinya lebih lanjut dengan mengeklik tautan yang mengarahkan ke website bisnis Anda. Semakin banyak orang yang mengeklik tautan yang mengarahkan ke website bisnis Anda, traffic ke website bisnis Anda pun akan meningkat.


4. Meningkatkan profit

Selain untuk meningkatkan brand awareness, tujuan lain beriklan tidak lain dan tidak bukan adalah meningkatkan profit. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan beriklan di Instagram. 


Sama seperti di poin sebelumnya, jika Anda ingin meningkatkan profit Anda melalui iklan Instagram, materi iklan Instagram Anda haruslah menarik. Apabila materi iklan Instagram Anda menarik, orang pun akan tertarik melihat iklan Anda. 


Dari yang awalnya hanya tertarik melihat ikan, tidak menutup kemungkinan pada akhirnya orang tidak sekadar melihat, akan tetapi mau membeli produk yang Anda iklankan. Apalagi jumlah pengguna Instagram sangatlah banyak. Dengan makin banyaknya orang yang membeli produk yang Anda iklankan di Instagram, maka profit bisnis Anda akan ikut meningkat.

Halaman: 2
TAG:
Instagram
iklan Instagram
keunggulan iklan Instagram
bisnis