6 Tips agar Bisnis Bertahan Lama

content
Inspirasi UMKM

06/07/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Dalam berbisnis, Anda tentu ingin bisnis Anda bertahan lama. Seperti apa tips agar bisnis bertahan lama? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Miliki perencanaan yang matang

Tips agar bisnis bertahan lama yang pertama adalah memiliki perencanaan yang matang. Ya, sebagai seorang pebisnis, Anda harus mampu membuat perencanaan yang matang. Dengan memiliki perencanaan yang matang, Anda dapat mempunyai panduan dalam menjalankan bisnis sehingga bisnis bisa berjalan lancar. Sebaliknya, tanpa memiliki perencanaan yang matang, Anda tidak dapat mempunyai panduan dalam menjalankan bisnis sehingga bisnis bisa saja berjalan tidak lancar.


Membuat perencanaan bisnis tidak boleh dilakukan dengan sembarangan dan asal, akan tetapi harus dilakukan dengan cermat dan berhati-hati. Apabila Anda tidak mampu membuatnya seorang diri, Anda dapat meminta bantuan kepada kerabat atau teman Anda yang lebih berpengalaman.


Dengan memiliki perencanaan yang matang, Anda tidak akan salah langkah dalam menjalankan bisnis karena, sekali lagi, Anda sudah punya panduannya. Apa saja yang harus ada dalam perencanaan bisnis? Antara lain adalah rincian pengeluaran, target penjualan, dan promosi.


2. Pelajari kompetitor

Tips agar bisnis bertahan lama yang kedua adalah mempelajari kompetitor. Setelah Anda membuat perencanaan bisnis, kini saatnya Anda mempelajari kompetitor. Ya, ketika Anda berbisnis, Anda pasti punya pesaing atau kompetitor. Nah, kompetitor tersebut jangan didiamkan saja. Anda harus mau mempelajarinya.


Apa saja yang dipelajari? Misalnya, mempelajari kelemahan kompetitor. Dengan mempelajari kelemahan kompetitor, Anda dapat mengatasi kelemahan tersebut dengan menghadirkan solusi kelemahan tersebut pada bisnis Anda. Anda juga bisa mempelajari keunggulan kompetitor. Dengan mempelajari keunggulan kompetitor, Anda jadi punya inspirasi untuk terus berinovasi dan meningkatkan bisnis Anda. 


Pun Anda bisa mempelajari strategi promosi yang dijalankan kompetitor. Dengan demikian Anda punya inspirasi dalam menjalankan strategi promosi Anda.


3. Ikuti perkembangan pasar

Tips agar bisnis bertahan lama yang ketiga adalah mengikuti perkembangan pasar. Setelah membuat perencanaan bisnis dan mempelajari kompetitor, kini saatnya Anda mengikuti perkembangan pasar. Ya, kunci agar bisnis bertahan lama adalah mau mengikuti perkembangan pasar.


Kebutuhan konsumen akan berkembang sesuai perkembangan zaman. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus bisa mengikuti perubahan tersebut. Jangan sampai Anda tidak mengikuti perubahan tersebut. Hal ini karena nantinya bisnis Anda akan ketinggalan zaman dan pelanggan-pelanggan Anda akan beralih kepada kompetitor. Ya, jika Anda tidak mengikuti perubahan atau perkembangan pasar, Anda akan kehilangan pelanggan. Sayang, bukan?


Bagaimana cara mengikuti perkembangan pasar? Ambil waktu untuk riset dan survei di lapangan mengenai perkembangan pasar.


4. Kreatif dan inovatif

Tips agar bisnis bertahan lama yang keempat adalah kreatif dan inovatif. Ya, sebagai seorang pebisnis, Anda dituntut untuk bisa kreatif dan inovatif. Kreatif dan inovatif dalam hal apa? Dalam hal mengembangkan bisnis.

Halaman: 2
TAG:
tips
bisnis
bertahan lama