Bisnis Gym, sambil Berbisnis sambil Berolahraga

content
Inspirasi UMKM

10/06/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Bidang bisnis bermacam-macam. Salah satunya adalah gym. Seperti apa tips berbisnis gym? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Paham tentang dunia fitness

Tips pertama berbisnis gym adalah paham tentang dunia fitness. Ya, gym berhubungan dengan fitness. Oleh karenanya, jika Anda hendak mendirikan tempat gym, Anda harus paham terlebih dahulu tentang dunia fitness. Pemahaman ini penting karena dapat berpengaruh terhadap kelancaran bisnis Anda nantinya. 


Anda harus tahu secara mendalam tentang seluk-beluk dunia fitness, termasuk risiko yang mungkin terjadi jika Anda membuka bisnis di bidang yang berkaitan dengan fitness. Bagaimana cara Anda mengetahuinya? Anda dapat membaca buku, mencarinya di internet, atau bertanya kepada orang yang sudah terjun ke dunia bisnis yang berkaitan dengan fitness. Agar pemahaman Anda lebih lengkap, Anda dapat mencoba mendaftar menjadi member gym tertentu dan mengikuti fitness di sana.


Agar Anda paham tentang dunia fitness, ada baiknya Anda mencintai dunia fitness tersebut. Jika Anda sudah mencintainya, maka Anda akan lebih mudah dalam memahami. Anda tidak merasa seperti dipaksa untuk memahami, akan tetapi Anda melakukannya dengan senang hati.


2. Tentukan target pasar

Tips kedua berbisnis gym adalah menentukan target pasar. Setelah Anda memahami seluk-beluk dunia fitness, kini saatnya Anda menentukan target pasar. Target pasar tak lain dan tak bukan adalah pelanggan. Target pasar menjadi komponen penting dalam bisnis sebab tanpa adanya target pasar, maka tidak akan ada yang membeli barang yang Anda jual atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan.


Untuk bisnis gym, target pasarnya bisa berupa pilihan berikut ini: masyarakat kelas atas, kelas menengah, atau kelas menengah ke bawah. Pilihan lainnya adalah apakah gym tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa, karyawan, atau keluarga.


Menentukan target pasar tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan asal, akan tetapi harus dilakukan dengan cermat dan berhati. Kalau perlu, lakukan riset agar pilihan target pasar Anda bisa tepat. Jangan lupa juga untuk memperhatikan modal yang Anda miliki dalam penentuan target pasar.


3. Tentukan tempat

Tips ketiga berbisnis gym adalah menentukan tempat. Setelah paham tentang seluk-beluk dunia fitness dan menentukan target pasar, kini saatnya Anda menentukan tempat gym. Tempat yang dibutuhkan untuk berbisnis gym adalah tempat dengan luas minimal 300 meter persegi. 


Jika Anda masih belum punya tempat sendiri, Anda dapat menyewa. Tentu saja Anda harus menyiapkan bujet yang cukup besar untuk menyewa. Usahakan tempat gym Anda terletak di lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis maksudnya adalah dekat dengan target pasar, akses keluar masuk kendaraan aman dan nyaman, dan dilalui oleh kendaraan umum.


4. Cari instruktur yang tepat

Tips keempat berbisnis gym adalah mencari instruktur atau trainer yang tepat. Keberadaan instruktur profesional di sebuah gym tentu akan menarik perhatian pelanggan. Seorang instruktur bertugas mengarahkan pelanggan saat berlatih. Dengan demikian, fitness yang dilakukan pelanggan bisa lebih tertata. Instruktur juga dapat membantu pelanggan yang ingin mencapai target tertentu dari fitness yang dilakukannya.


Pemilihan instruktur tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Anda harus selektif. Pastikan bahwa instruktur yang Anda pilih adalah instruktur yang memang benar-benar paham dunia fitness sehingga pelayanan yang diberikan kepada pelanggan bisa maksimal.

Halaman: 2
TAG:
tips
bisnis
gym
olahraga