5 Strategi Pemasaran untuk Produk Kerajinan

content
Inspirasi UMKM

11/05/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Bidang bisnis bermacam-macam. Salah satunya adalah produk kerajinan. Seperti apa strategi pemasaran untuk produk kerajinan? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Tentukan target pasar

Strategi pemasaran produk kerajinan yang pertama adalah menentukan target pasar. Target pasar adalah konsumen yang nantinya membeli dan menggunakan produk kerajinan Anda. Ya, sebagai seorang pebisnis, Anda harus mampu menentukan target pasar. 


Penentuan target pasar tidak boleh dilakukan dengan sembarangan dan asal, akan tetapi harus dilakukan dengan hati-hati dan cermat. Anda harus memahami betul seperti apa karakteristik target pasar Anda. Penentuan target pasar dilakukan sebelum Anda memproduksi produk kerajinan. Ini agar nantinya produk kerajinan Anda dapat dimodifikasi sesuai dengan karakteristik dan permintaan target pasar Anda.


Jangan memproduksi produk kerajinan terlebih dahulu, lalu baru menentukan target pasar. Itu adalah cara yang salah. Kalau Anda melakukannya, Anda tidak bisa memodifikasi produk kerajinan sesuai karakteristik dan permintaan target pasar Anda.


Masih berkaitan dengan target pasar, perhatikan pula perkembangan selera target pasar Anda. Jika selera mereka berubah, maka produk kerajinan Anda pun harus ikut berubah mengikuti perkembangan selera mereka.


2. Produksi produk kerajinan yang unik

Strategi pemasaran produk kerajinan yang kedua adalah memproduksi produk kerajinan yang unik. Seperti telah disebutkan pada poin satu, setelah menentukan target pasar, langkah selanjutnya adalah memproduksi produk kerajinan. 


Sama seperti menentukan target pasar, memproduksi produk kerajinan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan dan asal, akan tetapi harus dilakukan dengan hati-hati dan cermat. Anda harus tahu betul seperti apa karakteristik dan permintaan target pasar Anda, lalu buatlah produk berdasarkan hal tersebut.


Akan lebih baik kalau produk kerajinan yang Anda produksi adalah produk yang unik. Ini tentu membuat konsumen lebih tertarik untuk membeli. Keunikan inilah juga yang dapat membuat produk kerajinan Anda unggul dibandingkan kompetitor. Produk yang unik mempunyai daya saing yang kuat sehingga bisa bertahan di tengah kompetisi bisnis.


3. Lakukan promosi

Strategi pemasaran produk kerajinan yang ketiga adalah melakukan promosi. Ya, bisnis tidak dapat dilepaskan dari yang namanya promosi. Lewat promosi, barang yang Anda jual dapat dikenal secara lebih luas oleh banyak orang. Dengan demikian, peluang terbelinya barang Anda akan lebih besar.


Zaman sekarang, zamannya serba internet. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda melakukan promosi untuk produk kerajinan Anda secara online. Jika Anda ingin melakukan promosi secara online, Anda dapat melakukannya pada Pasangiklan.com. Ada tiga jenis iklan online yang dapat Anda pilih, yakni iklan digital (iklan dalam bentuk banner), iklan Instagram (iklan dalam bentuk feed atau story), dan iklan advertorial (iklan dalam bentuk artikel). Harganya cukup terjangkau, yakni mulai Rp50.000.


4. Buat website

Strategi pemasaran produk kerajinan yang keempat adalah membuat website. Ya, website dapat Anda jadikan platform untuk berpromosi pula. Jika Anda tidak dapat membuat website, Anda dapat meminta bantuan dari kerabat atau teman Anda yang jago membuat website.

Halaman: 2
TAG:
strategi
pemasaran
produk kerajinan
bisnis

Artikel Lainnya

content
Edukasi UMKM

02/02/2022

5 Tips Berbisnis Pakaian

content
Pasangiklan

29/03/2022

Promo Ramadan Pasangiklan.com

content
Edukasi UMKM

27/01/2022

5 Tips Sukses Berbisnis dari Jeff Bezos

Lihat artikel lainnya