Punya Keahlian Mendandani Orang? Coba Berbisnis Salon Kecantikan, yuk!

content
Inspirasi UMKM

24/03/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Bidang bisnis bermacam-macam, salah satunya salon kecantikan. Seperti apa tips berbisnis salon kecantikan? Di bawah ini adalah penjelasannya.


1. Buat perencanaan bisnis

Pertama-tama, sebelum terjun ke dunia bisnis salon kecantikan, Anda terlebih dahulu harus membuat perencanaan bisnis. Perencanaan bisnis penting dilakukan agar Anda tidak salah langkah nantinya dalam menjalankan bisnis. Perencanaan bisnis akan menjadi panduan Anda dalam menjalankan bisnis nantinya. Perencanaan bisnis tidak boleh dilakukan sembarangan, tetapi harus dilakukan dengan matang.


Dengan perencanaan bisnis yang baik, Anda akan mempunyai panduan yang baik dalam menjalankan bisnis sehingga Anda dapat menjalankan bisnis Anda dengan teratur. Sebaliknya, tanpa perencanaan bisnis yang baik, Anda tidak akan mempunyai panduan yang baik dalam menjalankan bisnis. Hal tersebut nantinya dapat berdampak terhadap kelancaran bisnis Anda.


Hal apa saja yang harus ada atau dipikirkan pada perencanaan bisnis salon kecantikan? Beberapa di antaranya adalah modal, konsep salon, target pasar, lokasi usaha, peralatan yang dibutuhkan, karyawan, dan cara berpromosi.


2. Tentukan layanan

Bisnis salon kecantikan memiliki lingkup yang sangat luas. Rasanya cukup sulit, pada awal bisnis Anda jika Anda menyediakan semua layanan dalam bisnis salon kecantikan. Anda tidak perlu menyediakan semua layanan, cukup pilih beberapa layanan yang menjadi fokus Anda.


Tidak apa jika belum bisa memberikan semua layanan dalam bisnis salon kecantikan. Tidak ad ajika layana yang diberikan masih sedikit. Hal yang terpenting adalah Anda dapat memberikan layanan yang memuaskan bagi pelanggan. Percuma jika Anda memberikan semua layanan, akan tetapi hasilnya tidak memuaskan.


Sebelum menentukan layanan, cari tahu terlebih dahulu jenis-jenis layanan yang ada pada salon bisnis kecantikan. Jika sudah mencari tahu, cobalah untuk mempelajarinya.


3. Tentukan lokasi

Tips berbisnis salon kecantikan yang ketiga adalah menentukan lokasi. Ya, lokasi juga amat penting pada bisnis, termasuk bisnis salon kecantikan. Jika pemilihan lokasi tepat, maka akan mendatangkan banyak pembeli yang nantinya dapat berdampak baik terhadap keuntungan bisnis Anda. Sebaliknya, jika pemilihan lokasi tidak tepat, salon kecantikan Anda akan sepi pembeli yang dapat berdampak buruk terhadap keuangan bisnis Anda.


Lokasi seperti apa yang baik untuk mendirikan salon kecantikan? Lokasi yang dekat dengan pusat keramaian dan akses jalannya dilalui oleh kendaraan umum. Jika Anda punya uang lebih, Anda dapat menyewa space di pusat perbelanjaan untuk membuka salon kecantikan. Jika modal Anda belum cukup, Anda dapat membuka salon kecantikan di rumah Anda.


4. Hitung biaya

Tips berbisnis salon kecantikan yang keempat adalah menghitung biaya. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mampu menghitung dengan rinci biaya-biaya apa saja yang dibutuhkan untuk membuka salon kecantikan. Ingat, sekali lagi, Anda harus menghitung dengan rinci, jangan sampai ada yang terlewat.


Jika keseluruhan biaya sudah Anda hitung, saatnya mencari modal untuk memenuhi kebutuhan biaya tersebut. Sumber modal bisa berasal dari dua tempat, yakni dari tabungan pribadi dan pinjaman. Pada awal bisnis, jangan membelanjakan modal dengan boros. Aturlah pengeluaran sehemat mungkin.

Halaman: 2
TAG:
tips
bisnis
salon kecantikan
dandan