5 Tips Mempromosikan Bisnis pada Instagram

content
Inspirasi UMKM

23/03/2022

Zaman sekarang zamannya media sosial. Salah satu media sosial yang cukup hit adalah Instagram. Hampir setiap orang punya akun Instagram untuk berbagi cerita tentang keseharian mereka. Selain sebagai tempat untuk berbagi cerita, Instagram juga dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis. Inilah lima tips mempromosikan bisnis pada Instagram.


1. Buat profil yang menarik

Tips mempromosikan bisnis pada Instagram yang pertama adalah membuat profil yang menarik. Dengan profil yang menarik, konsumen akan tertarik untuk mengeksplorasi lebih lanjut akun Instagram Anda. Sebaliknya, tanpa profil yang menarik, bisa-bisa konsumen tidak mau stay di akun Instagram Anda untuk mengeksplorasi lebih lanjut, tetapi langsung beranjak dari akun Instagram Anda.


Salah satu hal yang cukup penting pada profil Instagram adalah foto. Ya, foto profil Instagram Anda haruslah menarik. Selain menarik, foto profil Instagram Anda haruslah jelas. Sebagai saran, Anda dapat memasang foto berupa logo bisnis Anda atau barang yang Anda jual.


Setelah foto, hal penting selanjutnya adalah deskripsi di bagian bawah foto atau biasa disebut bio. Anda harus bisa menuliskan dengan jelas deskripsi bisnis Anda pada bagian bio. Konsumen harus langsung tahu barang yang Anda tawarkan dari deskripsi pada bagian bio.


2. Buat konten yang menarik

Setelah Anda memastikan bahwa profil Anda sudah menarik, hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah konten Instagram Anda atau biasa disebut feed. Anda harus memastikan bahwa konten Instagram Anda juga menarik sehingga, sekali lagi, konsumen mau mengeksplorasi lebih lanjut akun Instagram Anda.


Konten yang menarik pada Instagram didukung dua hal, yakni foto dan takarir alias caption. Foto yang diunggah haruslah jelas, tidak blur, dan high resolution. Untuk mengambil foto yang pas, Anda dapat menggunakan pencahayaan alami atau lampu khusus. Lalu, perhatikan juga takarir. Buatlah takarir yang jelas dan menarik. Agar lebih bervariasi, Anda dapat pula mengunggah video atau infografik.


3. Gunakan tagar

Tips mempromosikan bisnis pada Instagram yang ketiga adalah menggunakan tagar (tanda pagar) alias hashtag. Menggunakan tagar penting untuk dilakukan sebab dengan adanya tagar, konsumen menjadi lebih mudah menemukan konten Instagram Anda.


Anda tentu tidak boleh sembarangan ketika hendak mencamtumkan tagar pada takarir yang telah Anda buat. Anda harus memastikan bahwa tagar yang Anda gunakan sesuai dengan takarir yang telah Anda buat. Pun harus sesuai dengan bisnis Anda. Sebagai saran, Anda dapat menggunakan takarir yang paling banyak digunakan.


4. Gunakan paid promote

Paid promote adalah suatu cara mempromosikan produk Anda lewat pihak ketiga yang memiliki banyak pengikut alias follower. Pada Instagram pun, Anda bisa menggunakan paid promote. Lewat paid promote, bisnis Anda atau produk yang Anda jual akan bisa lebih dikenal luas. Makin banyak orang yang mengetahui bisnis Anda, makin bagus, bukan? Hal tersebut dapat meningkatkan awareness orang-orang tentang bisnis Anda.


Untuk bisa menggunakan paid promote, Anda terlebih dahulu harus menyiapkan konten. Ingat, konten yang dibuat haruslah konten yang menarik. Pastikan foto dan takarir jelas dan menarik perhatian. Jangan sampai foto blur dan takarir biasa-biasa saja. Anda harus membuatnya menarik agar mampu menarik perhatian konsumen.


5. Gunakan endorsement

Halaman: 2
TAG:
tips
promosi
bisnis
Instagram