Suka Icip-Icip Makanan? Cobain Berbisnis Kuliner, yuk!

content
Inspirasi UMKM

14/01/2022

Saat ini, bisnis kuliner makin menjamur. Di sekitar Anda, pasti banyak ditemui orang berjualan makanan atau minuman. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, apakah Anda ingin mengetahui tips berbisnis kuliner? Jika ya, simak uraian di bawah ini.

1. Lakukan penelitian atau survei

Tips berbisnis kuliner yang pertama adalah melakukan penelitian atau survei. Seperti tertulis di awal, saat ini, bisnis kuliner menjamur. Di sekitar Anda, pasti banyak ditemui bisnis-bisnis kuliner, baik itu yang berbentuk restoran, food truck, kafe, ataupun bisnis kuliner online. Ini tentu membuat persaingan di dunia bisnis kuliner menjadi ketat. Ketatnya persaingan itulah yang mendasari mengapa perlu melakukan penelitian atau survei.


Anda harus melakukan penelitian atau survei dengan cermat dan berhati-hati agar hasil penelitian atau survei tersebut benar-benar dapat Anda jadikan acuan saat nantinya memulai bisnis kuliner. Ada banyak manfaat dengan melakukan penelitian atau survei, misalnya untuk mengetahui sasaran penjualan serta pesaing terkuat. 


Dengan mengetahui sasaran penjualan, Anda nantinya dapat membuat produk makanan atau minuman yang sesuai dengan karakteristik sasaran penjualan Anda. Dengan mengetahui pesaing terkuat, Anda akan terdorong untuk senantiasa meningkatkan kualitas bisnis Anda.


2. Pilih lokasi usaha yang strategis

Pemilihan lokasi bisnis penting sebab dapat mendongkrak keberhasilan bisnis Anda. Pilihlah lokasi yang strategis yang mudah dijangkau, lokasi yang dekat dengan target pasar atau pelanggan Anda, dan lokasi yang dilalui banyak orang. 


Jika Anda punya uang lebih, Anda dapat membangun atau membeli bangunan sebagai tempat berjualan. Jika tidak, maka opsinya adalah menyewa bangunan. Kalau mau lebih fleksibel, Anda dapat menggunakan food truck. Dengan food truck, Anda bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan lebih mudah.


3. Buatlah perencanaan bisnis

Ya, membuat perencanaan bisnis sangatlah penting agar bisnis kuliner Anda tidak salah langkah, tetapi lebih terarah. Membuat perencanaan bisnis juga dapat membuat Anda lebih fokus dalam menjalankan bisnis kuliner. Manfaat lainnya adalah meminimalisir ketidakefisienan, khususnya dalam hal modal.


Salah satu perencanaan bisnis adalah perencanaan dalam bidang keuangan. Jika keuangan direncanakan dengan matang, maka anggaran akan terbentuk secara sempurna. Tidak akan ada pengeluaran yang dirasa akan sia-sia karena tidak tepat sasaran.


Contoh perencanaan bisnis yang lain adalah perencanaan dalam hal target usaha. Dengan merencanakan target usaha, maka Anda akan termotivasi untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin agar target dapat tercapai.


4. Pilih menu makanan kekinian atau yang paling dibutuhkan konsumen

Saat Anda memutuskan untuk membuat menu makanan atau minuman, pastikan menu tersebut adalah yang disenangi atau dibutuhkan konsumen Anda. Bagaimana cara mengetahuinya? Tentunya dengan melakukan penelitian atau survei.


Sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis kuliner, lakukanlah uji coba terhadap menu yang akan dijual. Berikan menu tersebut kepada kerabat atau teman dekat Anda. Mintalah mereka untuk mencicipinya. Selain itu, mintalah juga kepada mereka untuk memberikan kritik dan saran atas menu yang akan Anda jual.

Halaman: 2
TAG:
bisnis
kuliner
makanan dan minuman
icip-icip