Bisnis Alat Kesehatan Ternyata Bisa Mendatangkan Untung Berlipat, lo

content
Inspirasi UMKM

11/03/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Ada berbagai bidang dalam bisnis. Salah satunya adalah alat kesehatan. Seperti apa tips berbisnis alat kesehatan? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Siapkan modal

Ya, untuk menjalani bisnis apa pun, termasuk menjalani bisnis alat kesehatan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan modal. Dengan modal, bisnis bisa berjalan lancar. Sebaliknya, tanpa modal, bisnis akan tersendat-sendat.


Untuk mengetahui berapa banyak modal yang harus disiapkan, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu perkiraan dananya seberapa banyak. Hal tersebut dapat Anda peroleh dengan bertanya pada orang yang menjalani bisnis serupa. Atau, Anda juga dapat memperolehnya dengan mencarinya melalui internet. Umumnya, modal yang dibutuhkan untuk menjalani bisnis alat kesehatan cukup besar sebab alat kesehatan dibanderol dengan harga yang mahal.


Untuk meminimalisir besarnya modal yang dibutuhkan untuk berbisnis alat kesehatan, coba carilah pemasok yang memberikan harga bersaing. Selain memberikan harga bersaing, lihatlah juga kualitas barang yang ditawarkan pemasok tersebut. Pastikan bahwa barangnya benar-benar berkualitas.


2. Lakukan riset

Sebagai seorang pebisnis, termasuk pebisnis alat kesehatan, Anda harus andal dalam melakukan riset. Riset penting dilakukan agar Anda tidak salah langkah dalam berbisnis. Riset yang baik akan dapat menunjang kelancaran bisnis Anda. Sebaliknya, tanpa riset yang baik, bisnis Anda akan tersendat-sendat nantinya.


Tidak perlu jauh-jauh dalam melakukan riset. Anda dapat melakukannya dengan melihat lingkungan sekitar Anda. Coba Anda perhatikan dengan saksama, kira-kira, alat kesehatan seperti apa yang dibutuhkan oleh masyarakat di lingkungan sekitar Anda. Setelah mengetahui jawabannya, Anda dapat mencoba memenuhinya dengan menyediakan alat-alat kesehatan yang memang dibutuhkan masyarakat di lingkungan sekitar Anda.


3. Tentukan lokasi

Tips berbisnis alat kesehatan yang ketiga adalah menentukan lokasi toko alat kesehatan. Menentukan lokasi juga menjadi bagian yang penting dalam berbisnis. Sebagai pebisnis, Anda harus bisa menentukan lokasi bisnis Anda dengan tepat. Lokasi yang tepat dapat menunjang kelancaran bisnis Anda dan akan meningkatkan keuntungan Anda. Mengapa demikian? Sebab lokasi yang tepat akan mendatangkan banyak pembeli. Makin banyak pembeli, Anda makin untung, bukan? Oleh karenanya, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih lokasi. Anda harus cermat dalam memilih lokasi.


Untuk lokasi toko alat kesehatan, sebaiknya pilihlah lokasi yang strategis. Strategis di sini maksudnya adalah dekat dengan jalan besar, akses jalan baik, dekat dengan fasilitas umum, atau dekat dengan area permukiman.


4. Urus perizinan alat kesehatan

Tips berbisnis alat kesehatan yang keempat adalah mengurus perizinan alat kesehatan. Ya, mengurus perizinan alat kesehatan menjadi hal yang krusial saat Anda memutuskan untuk berbisnis alat kesehatan. Jadi, jangan lupa diurus, ya.


Pihak yang berwenang untuk memberikan izin atas alat kesehatan yang Anda jual adalah Dinas Kesehatan. Bagaimana cara mengurus perizinan alat kesehatan? Mula-mula, Anda harus menyerahkan surat permohonan izin kepada Kepala Dinas Kesehatan. 


Paling lambat 12 hari setelah Anda menyerahkan surat permohonan izin, petugas dari Dinas Kesehatan akan datang untuk mengecek kelengkapan bisnis alat kesehatan Anda. Jangan lupa siapkan juga berkas-berkas, seperti nomor pokok wajib pajak (NPWP), surat izin usaha, dan surat keterangan domisili.

Halaman: 2
TAG:
tips
bisnis
alat kesehatan
untung berlipat