6 Tips Berjualan Online

content
Edukasi UMKM

07/01/2022

Zaman sekarang, segalanya serba didukung oleh internet, termasuk dalam hal berbelanja. Banyak orang yang berbelanja secara online melalui internet. Penjual online pun kian banyak bermunculan. Seperti apa tips berjualan online? Simak selengkapnya di bawah ini.


1. Kenali nilai jual produk

Tips berjualan online yang pertama ialah mengenali nilai jual produk. Nilai jual produk ada keunikan atau kekhasan yang hanya dimiliki oleh produk yang Anda jual dan tidak ditemukan pada produk yang dijual kompetitor. Sebagai penjual yang baik, Anda dituntut untuk mengerti nilai jual produk yang Anda jual.


Nilai jual produk yang Anda jual inilah yang menjadi pembeda, yang membuat produk Anda stand out dibandingkan produk kompetitor. Dengan demikian, konsumen bisa mengingat dengan mudah produk Anda. Konsumen tidak mudah lupa dengan produk Anda berkat nilai jual produk yang Anda miliki.


2. Tetapkan harga yang wajar

Yang namanya berjualan tentu ada harga, bukan? Nah, sebagai penjual yang baik, Anda dituntut untuk bisa menetapkan harga yang wajar bagi produk yang Anda jual. Untuk mengetahui harga produk Anda sudah wajar atau belum, Anda dapat membandingkannya dengan harga dari kompetitor Anda.


Jangan takut untuk menetapkan harga yang sedikit lebih tinggi. Hal tersebut tidak apa-apa dan wajar dilakukan. Kalau memang Anda merasa produk yang Anda jual memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan produk serupa di pasaran, jangan takut untuk menetapkan harga yang sedikit lebih tinggi.


3. Manfaatkan marketplace

Lewat marketplace, produk yang Anda jual akan terlihat oleh banyak orang sehingga peluang terbelinya produk Anda juga lebih besar, apalagi, zaman sekarang, orang-orang lebih suka berbelanja daring dibandingkan datang langsung ke toko.


Lewat marketplace, Anda dapat menjangkau pembeli secara lebih luas sebab marketplace dikunjungi banyak orang. Ini tentu akan berdampak baik bagi bisnis Anda. Di Indonesia, terdapat banyak marketplace. Anda tinggal memilih hendak masuk ke marketplace yang mana. Tidak ada salahnya jika Anda masuk ke lebih dari satu marketplace guna memaksimalkan keuntungan penjualan Anda.


4. Buat website

Ya, akan lebih baik jika Anda membuat website khusus untuk bisnis Anda. Website tersebut dapat menjadi platform untuk menerangkan dengan rinci produk yang Anda jual, untuk berpromosi, sebagai media komunikasi dengan pembeli, dan tentunya untuk berjualan. Penjual yang mempunyai website bisnis cenderung lebih dipercaya oleh konsumen. Jadi, ayo, bagi Anda yang hendak berjualan online, mulai dari sekarang, secara perlahan-lahan, Anda harus membuat website khusus untuk bisnis yang sedang Anda jalankan.


5. Gunakan foto yang bagus

Masih berkaitan dengan website bisnis, Anda tentu memasang foto dari produk yang Anda jual, bukan pada website tersebut? Nah, Anda harus menggunakan foto yang bagus. Bagus di sini berarti foto tersebut high resolution, tidak blur, dan jelas. Ya, foto harus jelas sehingga konsumen tahu dengan jelas pula seperti apa produk yang Anda jual.


Supaya makin oke, Anda bisa mengambil foto dari beberapa sudut yang berbeda. Jangan ragu untuk menggunakan aplikasi pengeditan foto untuk membuat foto Anda menjadi lebih cerah. Untuk pencahayaan foto, Anda dapat menggunakan cahaya alami, yakni matahari atau lampu khusus.

Halaman: 2
TAG:
online
berjualan online
tips
bisnis