Meraup Untung Berlipat-lipat dari Bisnis Percetakan

content
Inspirasi UMKM

02/06/2022

Kian hari, kian banyak orang terjun ke dunia bisnis. Bidang bisnis bermacam-macam. Salah satunya adalah percetakan. Seperti apa tips berbisnis percetakan? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Buat rencana bisnis

Tips berbisnis percetakan yang pertama adalah membuat rencana bisnis. Ya, sebagai seorang pebisnis, Anda harus mampu membuat rencana bisnis. Rencana bisnis tersebut akan menjadi panduan Anda dalam menjalankan bisnis percetakan nantinya. Rencana bisnis tersebut akan membuat Anda tidak salah langkah dalam menjalankan bisnis percetakan.


Rencana bisnis tidak boleh dibuat dengan sembarangan dan asal. Rencana bisnis harus dibuat dengan cermat dan berhati-hati agar hasilnya pun bisa maksimal. Kalau Anda membuatnya dengan sembarangan dan asal, hasinya pun tidak akan bisa maksimal.


Sebelum membuat rencana bisnis, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu informasi tentang bisnis percetakan. Informasi tersebut dapat Anda peroleh dari internet ataupun survei langsung ke lapangan. Informasi yang perlu Anda cari tahu adalah produk, bahan baku, modal, kelemahan, dan kelebihan bisnis percetakan. Setelah Anda mendapatkan informasi tersebut, mulailah membuat rencana bisnis secara terstruktur.


2. Membuat rincian modal

Tips berbisnis percetakan yang kedua adalah membuat rincian modal. Setelah Anda membuat rencana bisnis, kini saatnya Anda membuat rincian modal. Ya, sebagai seorang pebisnis, Anda juga dituntut untuk tidak saja mampu membuat rencana bisnis, tetapi juga membuat rincian modal. 


Modal sangatlah penting bagi sebuah bisnis, termasuk bisnis percetakan. Dengan modal, bisnis Anda bisa berjalan. Sebaliknya, tanpa modal, bisnis Anda tidak akan bisa berjalan. Hal yang penting yang perlu masuk pada rincian modal bisnis percetakan adalah peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis percetakan.


Peralatan yang dimaksud adalah, antara lain mesin dan komputer. Harga mesin percetakan cukup mahal, yakni sekitar Rp200 juta. Harga komputer juga cukup mahal, yakni sekitar Rp10.000.000. Ini menunjukkan bahwa modal yang dibutuhkan untuk bisnis percetakan cukup besar.


3. Paham proses produksi

Tips berbisnis percetakan yang ketiga adalah memahami proses produksi. Setelah Anda selesai membuat rencana bisnis dan rincian modal, kini saatnya Anda memahami proses produksi percetakan. Ya, sebagai seorang pebisnis, Anda juga dituntut untuk mampu memahami proses produksi.


Sebelum Anda benar-benar terjun ke dunia bisnis percetakan, ada baiknya Anda belajar terlebih dahulu mengenai proses produksi percetakan. Bagaimana cara belajarnya? Anda bisa belajar pada kerabat atau teman Anda yang sama-sama menjalani bisnis percetakan. Belajarlah dari mereka dan serap ilmu sebanyak mungkin. Cara belajar yang kedua adalah dengan mengikuti kelas percetakan.


4. Pilih lokasi

Tips berbisnis percetakan yang keempat adalah memilih lokasi. Setelah membuat rencana bisnis, rincian modal, dan memahami proses produksi, kini saatnya Anda memilih lokasi bisnis percetakan Anda. Sama seperti pada poin nomor satu, pemilihan lokasi tidak boleh dilakukan dengan sembarangan dan asal, akan tetapi harus cermat dan berhati-hati.


Pemilihan lokasi akan berdampak pada kelancaran bisnis Anda. Jika Anda ingin bisnis Anda berjalan lancar dan mendulang keuntungan, Anda harus memilih lokasi dengan tepat. Salah satu hal yang penting dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi adalah bahwa lokasi tersebut dekat dengan pelanggan.

Halaman: 2
TAG:
tips
bisnis
percetakan
untung berlipat