5 Tips Berbisnis Restoran

content
Edukasi UMKM

12/05/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Bidang bisnis bermacam-macam. Salah satunya adalah restoran. Seperti apa tips berbisnis restoran? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Tentukan tema restoran

Tips berbisnis restoran yang pertama adalah menentukan tema restoran. Ya, pertama-tama, sebagai pebisnis restoran, Anda harus tahu restoran bertema seperti apa yang akan Anda jalankan. Tema restoran ini nantinya akan menjadi panduan atau menentukan menu makanan dan minuman yang dijual. Contoh tema restoran adalah restoran berkelas atau restoran biasa.


Menentukan tema restoran tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan asal, tetapi harus dilakukan secara cermat dan hati-hati. Tema restoran tentu dipengaruhi oleh modal yang Anda miliki. Jadi, perhatikan dengan baik seberapa banyak modal yang Anda miliki sebelum menentukan tema restoran.


Jika Anda masih bingung dengan tema restoran yang akan Anda pilih, coba lakukan riset. Riset dapat berangkat dari lingkungan tempat tinggal Anda. Coba Anda cari tahu, masyarakat di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda menyukai restoran dengan tema seperti apa. Hasil riset tersebut nantinya dapat menjadi insight Anda dalam penentuan tema restoran.


2. Tentukan lokasi restoran

Tips berbisnis restoran yang kedua adalah menentukan lokasi restoran. Ya, setelah Anda menentukan tema restoran, kini saatnya Anda menentukan lokasi restoran. Sama seperti ketika menentukan tema restoran, penentuan lokasi restoran juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan dan asal, tetapi harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati.


Lokasi restoran akan menentukan keberhasilan dan kelancaran bisnis Anda. Jadi, sekali lagi, pastikan Anda menentukan lokasi restoran dengan cermat dan hati-hati. Tentu saja, Anda harus memilih lokasi yang strategis. Strategis di sini maksudnya adalah restoran tersebut dekat dengan fasilitas umum dan dilalui kendaraan umum. Pastikan juga bahwa lokasi restoran Anda berdekatan dengan target pasar Anda.


3. Tentukan menu

Tips berbisnis restoran yang ketiga adalah menentukan menu. Ya, setelah Anda menentukan tema dan lokasi restoran, kini saatnya Anda menentukan menu. Untuk melakukan tips ketiga ini, Anda perlu menyewa jasa seorang ahli masak atau koki.


Ingat, menu yang Anda buat harus sesuai dengan tema restoran yang Anda usung. Sama seperti dua poin sebelumnya, penentuan menu restoran harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati.


Ada baiknya Anda melakukan testing terlebih dahulu terhadap menu yang sudah dibuat sebelum menu itu Anda jual kepada konsumen. Ketika menu tersebut sudah selesai dibuat, Anda bisa meminta kerabat atau teman Anda untuk mencobanya. Setelah selesai mencoba, Anda bisa meminta masukan dari mereka, apa yang kurang dari menu tersebut, apa yang bisa diperbaiki, dan lai-lain.


4. Tentukan nama restoran

Tips berbisnis restoran yang keempat adalah menentukan nama restoran. Ya, setelah menentukan tema, lokasi, dan menu, kini saatnya menentukan nama restoran. Sama seperti tiga poin sebelumnya, penentuan nama restoran tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan asal, tetapi harus cermat dan hati-hati.


Nama restoran harus dapat mencerminkan seperti apa restoran yang Anda jalankan. Usahakan Anda membuat nama yang mudah diingat. Dengan membuat nama yang mudah diingat, ini akan membuat restoran Anda selalu diingat oleh pelanggan.

Halaman: 2
TAG:
tips
bisnis
restoran

Artikel Lainnya

content
Edukasi UMKM

02/02/2022

5 Tips Berbisnis Pakaian

content
Pasangiklan

29/03/2022

Promo Ramadan Pasangiklan.com

content
Edukasi UMKM

27/01/2022

5 Tips Sukses Berbisnis dari Jeff Bezos

Lihat artikel lainnya