5 Tips Berbisnis sambil Bekerja

content
Edukasi UMKM

04/02/2022

Zaman sekarang, mengandalkan gaji dari kantor saja rasanya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, banyak orang yang membuka bisnis sampingan untuk menambah pemasukan. Seperti apa tips berbisnis sambil bekerja? Simak penjelasannya di bawah ini.


1. Catat semua waktu luang yang ada

Untuk dapat mengurusi bisnis, memang perlu waktu luang. Tak jarang banyak orang yang mundur dari bisnis hanya beberapa hari setelah menjalankannya karena merasa tidak punya waktu luang yang cukup. Sesibuk-sibuknya Anda di kantor, Anda pasti punya waktu luang, bukan di mana Anda bisa beristirahat sejenak dari kesibukan bekerja di kantor?


Waktu luang yang Anda punya hendaknya Anda catat. Dengan demikian bisa menjadi acuan bagi Anda untuk menjalankan bisnis. Sebenarnya tidak perlu waktu luang yang banyak untuk menjalankan bisnis. Dalam sehari, 2—3 jam saja sudah cukup untuk mengawasi perkembangan bisnis milik Anda. Atau, Anda dapat memanfaatkam akhir pekan. Kalau memang Anda benar-benar tidak punya waktu luang, cobalah meminta bantuan kepada keluarga Anda untuk mengawasi perkembangan bisnis milik Anda.


2. Pilih bisnis yang sesuai

Terdapat berbagai bidang bisnis yang dapat Anda geluti, misalnya bisnis kuliner, bisnis pakaian, thrift shop, dan lain-lain. Pilihlah satu bidang bisnis yang sesuai dengan kemampuan Anda. Dengan demikian, Anda dapat menjalankan bisnis tersebut dengan senang hati. Sebagai contoh, Anda yang mampu atau mahir memasak, Anda dapat menggeluti bisnis pada bidang kuliner.


Selain mencari bisnis yang sesuai dengan kemampuan Anda, perhatikan pula waktu untuk mengurus bisnis tersebut. Jangan sampai waktu untuk mengurus bisnis tidak sesuai dengan waktu luang Anda dari pekerjaan di kantor. Mempertimbangkan waktu untuk mengurus bisnis penting agar Anda nantinya dapat benar-benar maksimal dalam menjalankan bisnis Anda.


3. Rekrut orang yang dapat dipercaya

Tips berbisnis sambil bekerja yang ketiga adalah rekrut orang yang dapat dipercaya. Jika Anda merasa tidak mampu menjalankan bisnis sembari bekerja, Anda dapat merekrut orang untuk membantu Anda. Orang yang direkrut tidak boleh sembarangan. Orang tersebut harus dapat dipercaya. Orang tersebut harus mempunyai kinerja yang baik. Ini karena bisnis Anda bergantung kepada orang tersebut. Jadi, Anda harus memilih dengan hati-hati dan saksama. 


Selain dapat dipercaya dan mempunyai kinerja yang baik, kriteria lain untuk orang yang Anda rekrut adalah harus mempunyai dedikasi, komitmen, dan integritas yang tinggi. Dengan demikian Anda tidak perlu merasa khawatir saat memercayakan bisnis Anda kepada dia. Dengan merekrut orang yang tepat, bisnis Anda pun dapat berjalan dengan lancar.


4. Sisihkan waktu untuk bersantai

Bekerja di kantor sangatlah menyita waktu, apalagi ditambah dengan mengurus bisnis, makin tersita waktu Anda. Bisa-bisa Anda jadi tidak punya waktu untuk diri sendiri alias me time. Dalam jangka panjang, hal tersebut dapat memicu terjadinya stres yang dapat berdampak pada produktivitas Anda.


Bekerja di kantor dan mengurus bisnis memang penting, akan tetapi jangan sampai itu membuat Anda lupa untuk bersantai, lupa untuk membahagiakan diri sendiri. Ambillah waktu sejenak untuk bersantai. Jangan bekerja atau mengurus bisnis saat Anda bersantai. Ini agar Anda benar-benar bisa bersantai dengan maksimal.


Bagaimana caranya bersantai? Anda tidak perlu pergi bertamasya ke luar kota. Lakukan saja hal ringan, seperti membaca buku, menonton film, atau mendengarkan musik. Ketiga kegiatan tersebut sudah cukup memberikan efek relaksasi bagi otak dan tubuh.


5. Mau belajar dari pengalaman

Halaman: 2
TAG:
bisnis
bekerja
berbisnis sambil bekerja