6 Tips Berbisnis Bersama Teman

content
Edukasi UMKM

13/01/2022

Kian hari, kian banyak orang membuka bisnis. Bisnis tidak harus dijalani seorang diri. Anda dapat mengajak teman atau kenalan Anda untuk berbisnis bersama. Seperti apa tips berbisnis bersama teman? Simak selengkapnya pada uraian di bawah ini.


1. Bangun chemistry

Tips berbisnis bersama teman yang pertama adalah membangun chemistry. Anda harus bisa membangun chemistry dengan rekan bisnis Anda. Tanpa chemistry yang kuat di antara Anda dan rekan bisnis Anda, kelancaran bisnis Anda akan terganggu. Sebaliknya, dengan chemistry yang kuat di antara Anda dan rekan bisnis Anda, bisnis Anda akan kian lancar. Contoh chemistry yang baik adalah ketika Anda dan rekan bisnis Anda memiliki kecocokan karakter dan kesamaan visi dan misi.


Sebelum mulai membangun chemistry, pastikan Anda tidak salah orang ketika memilih rekan untuk diajak berbisnis. Ya, jangan salah pilih orang. Memilih rekan untuk diajak berbisnis tidak boleh sembarangan. Anda harus memastikan bahwa rekan yang Anda pilih adalah orang yang benar-benar tepat. 


2. Satukan visi dan misi sejak awal

Karena Anda melakukan kerja sama dengan rekan bisnis Anda, maka penting untuk menyamakan visi dan misi sejak awal. Jangan sampai Anda punya visi dan misi sendiri, lalu rekan bisnis Anda juga punya visi dan misi sendiri. Jika demikian, maka nantinya akan bentrok dan berdampak buruk terhadap bisnis Anda.


Agar dapat menyatukan atau menyamakan visi dan misi, ada baiknya Anda mengobrol berdua. Jabarkan visi dan misi Anda. Rekan bisnis Anda juga menjabarkan visi dan misinya. Dari situ, tariklah benang merah dengan membuat visi dan misi baru yang dapat mengakomodasi visi dan misi masing-masing pihak. 


Jangan hanya sekadar menyatukan visi dan misi pada hitam di atas putih. Namun, dalam keseharian ketika Anda menjalankan bisnis, apa yang Anda dan rekan bisnis lakukan haruslah merefleksikan visi dan misi yang telah disetujui sebelumnya.


3. Buat perjanjian kerja yang jelas

Sebelum memulai menjalankan bisnis, pastikan Anda membuat perjanjian kerja terlebih dahulu. Ini bertujuan agar segalanya jelas di depan, tidak menimbulkan sengketa di belakang. Salah satu hal yang perlu dijabarkan dalam perjanjian kerja adalah pembagian keuntungan. Pastikan Anda membuat pembagian keuntungan yang adil.

Selain pembagian keuntungan, hal lain yang juga cukup penting yang harus ada dalam perjanjian kerja adalah pembagian tugas dan tanggung jawab. Ini penting agar tiap-tiap pihak dapat berperan dengan baik sesuai tugas dan tanggung jawab yang telah dibagi.


4. Buang ego masing-masing

Kadang terasa sulit untuk menyatukan dua buah pikiran ketika Anda dan rekan bisnis Anda berdiskusi tentang bisnis yang dijalankan. Akan makin terasa sulit kalau Anda dan rekan bisnis Anda bertahan dengan ego masing-masing.


Oleh karena itu, demi kebaikan bersama, khususnya demi kebaikan bisnis yang dijalankan, buanglah terlebih dahulu ego Anda serta ego rekan bisnis Anda. Dengan membuang ego masing-masing, niscaya Anda dan rekan bisnis Anda akan menjumpai kesepakatan dalam menyatukan dua buah pikiran.


5. Pisahkan urusan pribadi dan urusan bisnis

Halaman: 2
TAG:
bisnis
bisnis bersama teman
tips bisnis