6 Tahapan dalam Melakukan Promosi yang Efektif

content
Edukasi UMKM

22/07/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Bisnis tidak dapat dilepaskan dari promosi. Dalam melakukan promosi, Anda tentu ingin promosi Anda berjalan efektif. Seperti apa tahapan dalam melakukan promosi yang efektif? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Tentukan target pasar

Tahapan dalam melakukan promosi yang efektif yang pertama adalah menentukan target pasar. Ya, langkah awal dalam melakukan promosi yang efektif adalah dimulai dari target pasar. 


Target pasar tak lain dan tak bukan adalah pelanggan. Keberadaan target pasar memegang peranan penting dalam sebuah bisnis. Dengan adanya target pasar, maka akan ada yang membeli produk yang Anda jual. Sebaliknya, tanpa adanya target pasar, maka tidak akan ada yang membeli produk yang Anda jual. Oleh sebab itu, penentuan target pasar amatlah penting. Menentukan target pasar sama dengan menentukan siapa yang menjadi pelanggan Anda.


Penentuan target pasar dapat dikategorikan berdasarkan, misalnya jenis kelamin, pekerjaan, usia, dan kota tempat tinggal. Bisa juga berdasarkan kategori ekonomi, misalnya menengah ke bawah dan menengah ke atas.


Kaitannya dengan promosi, dengan mempunyai target pasar yang jelas, promosi yang Anda lakukan jadi lebih terfokus sehingga bisa berjalan efektif. Berdasarkan target pasar yang telah ditentukan, Anda pun jadi bisa memilih dengan tepat media promosi apa yang digunakan.


2. Tentukan besarnya insentif dan syarat partisipasi

Tahapan dalam melakukan promosi yang efektif yang kedua adalah menentukan besarnya insentif dan syarat partisipasi. Setelah Anda menentukan target pasar, kini saatnya Anda menentukan besarnya insentif dan syarat partisipasi.


Insentif yang dimaksud di sini berkaitan apabila Anda mengadakan promosi berupa diskon. Insentif adalah besarnya diskon tersebut, misalnya diskon 10%, diskon 20%, dst. Makin besar insentif yang Anda tetapkan, makin besar pula minat pelanggan untuk membeli produk yang Anda jual.


Selain menentukan insentif, Anda juga harus menentukan syarat partisipasi. Syarat partisipasi di sini maksudnya adalah syarat agar Anda dapat memperoleh diskon yang ditawarkan. Syarat partisipasi ditetapkan agar dapat membatasi jumlah pelanggan yang dapat menikmati insentif promosi penjualan. Contoh syarat partisipasi adalah beli 2 diskon 10%, beli 3 diskon 20%, dst.


Dengan besaran insentif dan syarat partisipasi yang tepat, promosi akan menarik lebih banyak pembeli secara efektif.


3. Pilih media promosi yang sesuai

Tahapan dalam melakukan promosi yang efektif yang ketiga adalah memilih media promosi yang sesuai. Setelah Anda menentukan target pasar dan menentukan besarnya insentif serta syarat partisipasi, kini saatnya Anda menentukan media promosi yang sesuai. 


Media promosi yang dimaksud di sini adalah media promosi untuk memperkenalkan produk yang Anda jual (bukan promosi berupa insentif, seperti diskon). Ada dua jenis media, yakni online dan offline. Untuk media online, contohnya adalah promosi berupa iklan digital yang tayang pada website tertentu. Untuk media offline, contohnya adalah promosi dalam bentuk brosur, iklan baris, dan iklan TV. 


Pemilihan jenis media dapat didasarkan pada karakteristik target pasar. Dengan memilih media promosi yang sesuai dengan target pasar, promosi dapat berjalan dengan efektif.

Halaman: 2
TAG:
tahapan
promosi efektif
bisnis