Peroleh Keuntungan Berlipat dari Bisnis Mobil Bekas

content
Inspirasi UMKM

04/03/2022

Kian hari, kian banyak orang yang menekuni dunia bisnis. Bidang bisnis pun bermacam-macam. Salah satunya adalah mobil bekas. Seperti apa tips berbisnis mobil bekas? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pilih lokasi showroom yang strategis

Ya, pemilihan lokasi showroom mobil amatlah penting. Pemilihan lokasi showroom mobil tidak boleh sembarangan, harus dipikirkan dengan matang. Pemilihan lokasi showroom mobil dapat berdampak pada kelancaran bisnis Anda.


Apabila modal Anda masih terbatas, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk menggunakan showroom mobil yang luas. Selama ada tempat yang pas untuk memperlihatkan mobil Anda, maka itu sudah cukup. 


Lokasi showroom mobil yang strategis maksudnya adalah lokasi showroom yang mudah ditemukan pelanggan Anda sehingga pelanggan Anda tidak akan kesusahan mencari showroom mobil Anda saat hendak mengunjungi showroom mobil Anda. Anda bisa menempatkan showroom mobil Anda di dekat pusat keramaian, misalnya di pinggir jalan raya.


2. Pilih mobil yang peminatnya banyak

Tips berbisnis mobil bekas yang kedua adalah memilih mobil yang peminatnya banyak. Ya, juallah mobil yang memang banyak diminati, seperti Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia. Kalau Anda menjual mobil yang kurang diminati, hal tersebut tentu akan berdampak tidak baik terhadap bisnis Anda, yakni Anda akan merugi.


Untuk mengetahui mobil seperti apa yang banyak diminati, cobalah melakukan riset. Tidak usah jauh-jauh, riset dapat Anda lakukan dengan meneliti keadaan di lingkungan sekitar Anda. Cobalah mencari tahu, mobil apa yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di lingkungan sekitar Anda. Dari situ, Anda bisa mendapat ide hendak berjualan mobil apa.


Selain yang banyak diminati, pertimbangan lain dalam menentukan mobil yang hendak dijual adalah tahun pembuatan mobil. Lebih baik Anda menjual mobil yang tahun pembuatannya tidak terlalu lama. Ini karena mobil tua atau mobil yang tahun pembuatannya terlalu lama membutuhkan biaya perawatan yang cukup besar.

3. Perbaiki dan percantik mobil Anda

Meskipun mobil yang Anda jual adalah mobil bekas, tidak berarti mobil tersebut tidak bisa nampak seperti mobil baru. Demi menyenangkan hati pelanggan, Anda bisa memperbaiki dan mempercantik mobil tersebut. 


Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel untuk diperbaiki bagian mesinnya. Pastikan mesin dalam kondisi baik dan layak digunakan. Untuk mempercantik mobil, Anda bisa mengecat ulang mobil Anda sehingga nampak lebih bagus dan mencucinya sehingga nampak bersih.


4. Perhatikan kelengkapan surat-surat

Tips berbisnis mobil bekas yang keempat adalah memperhatikan kelengkapan surat-surat. Ya, nama saja menjual mobil bekas. Jadi, Anda tentu wajib memperhatikan kelengkapan surat-surat. Sebelum Anda menjualnya, pastikan surat-surat yang dibutuhkan sudah lengkap tersedia.


Memperhatikan kelengkapan surat-surat merupakan hal yang penting sebab tidak ada pelanggan yang rela mengeluarkan uang untuk membeli mobil tanpa adanya kejelasan surat-suratnya, seperti surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB). Oleh karena itu, sekali lagi, sebelum Anda menjual mobil, pastikan surat-surat yang dibutuhkan sudah lengkap tersedia.

Halaman: 2
TAG:
bisnis
mobil bekas
tips
keuntungan berlipat