5 Cara Promosi Produk bagi Pebisnis Online Pemula

content
Inspirasi UMKM

25/02/2022

Bisnis tidak dapat dilepaskan dari kegiatan yang namanya promosi. Lewat promosi, produk yang Anda jual dapat semakin dikenal luas. Bagaimana cara melakukan promosi produk bagi pebisnis online pemula? Simak ulasannya di bawah ini.


1. Manfaatkan daftar email

Cara melakukan promosi produk bagi pebisnis online pemula yang pertama adalah dengan memanfaatkan daftar email. Ya, pertama-tama Anda harus mengumpulkan alamat surat elektronik alias email. Alamat email tersebut merupakan alamat email calon pelanggan Anda atau orang-orang yang tertarik dengan bisnis Anda. Setelah alamat email terkumpul, Anda dapat menyebar email marketing ke alamat-alamat email tersebut.


Email marketing yang dimaksud adalah konten untuk memperkenalkan bisnis yang Anda jalankan, termasuk produk yang Anda jual. Konten email marketing tersebut dapat berupa gambar, video, ataupun infografik. Buatlah konten yang semenarik mungkin agar orang yang menerima email marketing tertarik membuka email dari Anda. Pada konten email marketing, jangan lupa sertakan call to action alias tombol yang diklik yang dapat mengarahkan penerima ke website bisnis Anda misalnya.


2. Tingkatkan interaksi pada media sosial

Zaman sekarang, media sosial bukan saja menjadi platform untuk berbagi cerita sehari-hari, tetapi juga untuk berpromosi. Sebagai pebisnis pemula, Anda dapat berpromosi pada akun media sosial Anda. Ketika Anda berpromosi pada media sosial, jangan lupa juga untuk meningkatkan interaksi dengan follower Anda. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mem-posting gambar, video, ataupun infografik yang menarik yang dapat memancing follower Anda berinteraksi dengan Anda.


Jika Anda memerlukan bantuan untuk meningkatkan interaksi dengan follower Anda pada media sosial, Anda dapat meminta bantuan dari digital agency. Selain dapat membantu meningkatkan interaksi dengan follower pada media sosial, bekerja sama dengan digital agency akan dapat menghubungkan Anda dengan influencer atau blogger. Kehadiran influencer atau blogger nantinya dapat membuat bisnis Anda makin dikenal luas.


3. Gunakan teknik SEO

Cara melakukan promosi produk bagi pebisnis online pemula selanjutnya adalah menggunakan teknik search engine optimization (SEO). Lewat teknik SEO, website bisnis Anda dapat muncul pada halaman pertama mesin pencarian Google. 


Caranya adalah dengan memasang kata kunci tertentu pada deskripsi website Anda. Jika website bisnis Anda muncul pada halaman pertama mesin pencarian Google, maka makin besar peluang website Anda untuk diklik. 


Jika banyak yang mengeklik, maka traffic ke website Anda dapat meningkat. Selain memasukkan kata kunci tertentu pada deskripsi website bisnis Anda, cara lain untuk penerapan SEO adalah dengan membuat artikel yang SEO friendly.


4. Berpartisipasi dalam acara online

Pandemi covid-19 membuat banyak acara diselenggarakan secara online. Contohnya adalah webinar. Anda dapat berpartisipasi pada webinar tersebut untuk sekaligus memperkenalkan bisnis yang Anda jalankan (meningkatkan brand awareness) kepada komunitas atau target audiens yang tepat sasaran. Anda dapat bercerita tentang seluk-beluk bisnis Anda, misalnya bagaimana Anda memulai bisnis Anda, produk yang Anda jual, promo yang sedang berlangsung, dan memberitahukan media sosial atau website bisnis Anda.


Jika Anda sudah punya keahlian, Anda dapat menjadi pembicara dalam webinar. Anda dapat menyampaikan cerita, berbagi tips dan pengetahuan, dan jangan lupa untuk menyelipkan informasi tentang bisnis yang Anda jalankan. Dengan makin aktifnya Anda tergabung dalam webinar, makin banyak pula orang yang mengenal bisnis yang Anda jalankan.


5. Manfaatkan media sosial

Halaman: 2
TAG:
bisnis
online
promosi
promosi produk
pemula