5 Ide Bisnis Antimainstream

content
Inspirasi UMKM

17/03/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Apakah Anda salah satunya? Bisnis dalam bidang apa yang Anda tekuni? Kalau Anda masih pemula dalam bisnis dan bingung memilih bisnis dalam bidang apa, Anda mungkin bisa terinspirasi dari lima ide bisnis antimainstream di bawah ini.


1. Katering sehat

Semua orang butuh makan. Inilah hal yang membuat bisnis dalam bidang kuliner termasuk bisnis yang direkomendasikan untuk dicoba. Selain karena semua orang butuh makan, alasan lain mengapa bisnis dalam bidang kuliner termasuk bisnis yang direkomendasikan adalah karena tidak semua orang punya waktu untuk memasak makanan. Kalau seseorang terlalu sibuk dengan pekerjaannya, ia biasanya langsung membeli makanan siap saji.


Berbisnis kuliner adalah hal yang mainstream. Lantas, apa yang tidak mainstream? Jawabannya adalah berbisnis katering sehat. Zaman sekarang, kesadaran orang untuk hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat makin meningkat, apalagi sejak adanya pandemi covid-19 di mana orang-orang ingin lebih menjaga kesehatannya. Jadi, bisnis katering sehat adalah bisnis yang cukup menjanjikan.


Bagi Anda yang pandai memasak, Anda bisa coba menekuni bisnis katering sehat. Anda bisa memasak makanan dengan menggunakan bahan-bahan organik yang berkualitas.


2. Produk daur ulang

Jika di rumah Anda tertimbun sampah-sampah kering, jangan dibuang. Anda bisa memanfaatkan sampah-sampah kering tersebut untuk dijadikan ide bisnis, yakni dengan cara mendaur ulangnya menjadi kerajinan tangan misalnya.


Ada dua kelebihan jika Anda menggeluti bisnis produk daur ulang. Anda tidak hanya akan mendapatkan keuntungan dari produk daur ulang yang Anda jual, tetapi juga sekaligus menyelamatkan lingkungan. Sampah-sampah kering yang sebelumnya tertimbun telah disulap menjadi produk daur ulang yang mempunyai nilai jual.


Untuk mulai berbisnis produk daur ulang, Anda tidak memerlukan banyak modal. Modalnya cukup dengan mengumpulkan sampah-sampah kering yang ada di lingkungan sekitar Anda. Namun, tantangannya adalah Anda harus benar-benar kreatif untuk menyulap sampah kering menjadi kerajinan tangan yang menarik.


3. Barang antik

Ide bisnis antimainstream yang ketiga ialah barang antik. Ya, barang antik tempo dulu pun bisa dijadikan ide berbisnis. Ini karena banyak orang tua yang ingin bernostalgia dengan barang-barang antik tempo dulu. Selain itu, ada pula komunitas pencinta barang antik tempo dulu. Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk berbisnis.


Sebelum memulai bisnis barang antik tempo dulu, Anda terlebih dahulu harus berkawan dengan komunitas pencinta barang antik tempo dulu. Tujuannya adalah agar Anda dapat mengetahui barang-barang antik apa saja yang laku dijual. Beberapa contoh barang antik yang laku dijual adalah kamera analog, televisi, radio, telepon, otomotif, dan perabot.


4. Jasa menulis

Anda gemar menulis? Anda gemar mengutak-atik kata-kata menjadi rangkaian kata yang menarik? Kalau jawabannya ya, Anda cocok untuk berbisnis jasa menulis. Ya, berbisnis tidak harus barang. Jasa pun bisa dijadikan bisnis. Nah, bagi Anda yang jago menulis, kenapa Anda tidak mencoba menguangkan keahlian Anda dengan mencoba berbisnis jasa menulis?


Kalau Anda berbisnis pada bidang yang Anda sukai, Anda pasti lebih dengan senang hati menjalaninya. Anda tidak merasa terbebani. Jasa menulis seperti apa yang bisa Anda tekuni? Anda dapat menjadi content writer (menulis artikel) atau copywriter (menulis kalimat menarik untuk kebutuhan promosi).

Halaman: 2
TAG:
ide bisnis
bisnis
antimainstream