6 Tips Sukses Berbisnis dari Jack Ma

content
Inspirasi UMKM

03/02/2022

Kian hari, kian banyak orang yang berkecimpung dalam dunia bisnis. Apakah Anda salah satunya? Setiap orang yang berbisnis tentu ingin sukses. Nah, Anda bisa meniru tips sukses berbisnis dari Jack Ma berikut ini. Jack Ma adalah pebisnis sukses pendiri Alibaba. 


1. Berani bermimpi besar

Tips sukses berbisnis dari Jack Ma yang pertama ialah berani bermimpi besar. Ya, semuanya bermula dari mimpi. Semuanya berawal dari mimpi. Mimpilah yang pada akhirnya dapat mewujudkan apa yang Anda harapkan. Ini pula yang diyakini Jack Ma. Ia memulai bisnis Alibabanya dari mimpi. Ia berani bermimpi besar. Ia tidak takut untuk bermimpi meskipun dia pada awalnya belum terlalu ahli dalam bidang bisnis.


Berani bermimpi itu baik. Namun, jangan hanya bermimpi. Mimpi harus dibarengi dengan usaha untuk mewujudkannya. Tanpa usaha, mimpi akan tetap menjadi mimpi. Dengan usaha, mimpi bisa menjadi kenyataan. Ini pula yang dilakukan Jack Ma. Dia tidak sekadar bermimpi untuk bisa memiliki Alibaba, akan tetapi ia juga mau bersusah payah belajar untuk memulai Alibaba.


Pun, setelah Alibaba berdiri, Jack Ma tidak berhenti belajar. Ia mau terus-menerus menambah wawasan sehingga bisa mengembangkan diri dan bisnisnya. 


2. Fokus kepada pelanggan

Hal yang menjadi fokus utama Jack Ma dalam menjalankan bisnisnya adalah pelanggan. Jack Ma selalu melihat apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggannya dan berusaha memenuhinya melalui bisnisnya. Dengan fokus memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan, maka bisnis akan bisa berkembang dengan sendirinya.


Menurut Jack Ma, kepuasan pelanggan merupakan investasi jangka panjang yang menjajikan. Oleh karena itu, sekali lagi, Jack Ma selalu fokus kepada para pelanggannya. Dia fokus pada memuaskan pelanggannya dengan memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka. 


Dibandingkan dengan kompetitor, pelanggan lebih penting. Jack Ma tidak terlalu peduli dengan apa yang dilakukan kompetitornya. Bagi dia, pelanggan lah yang utama.


Jadi, ketika Anda terjun ke dunia bisnis, Anda harus benar-benar memperhatikan apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan Anda dan berusahalah memenuhinya melalui bisnis yang Anda jalankan.


3. Tidak mudah menyerah

Kegagalan besar. Demikian anggapan Jack Ma terhadap sikap menyerah. Menyerah tidak akan membuat Anda menemukan solusi dari permasalahan atau kegagalan. Menyerah hanya akan membuat permasalahan atau kegagalan itu tetap ada. 


Ketika Anda terjun ke dunia bisnis, Anda akan mengetahui bahwa bisnis tidak selamanya berjalan mulus. Ada kalanya Anda akan menemui hambatan atau rintangan. Ketika itu terjadi, Anda tidak boleh menyerah sebab menyerah bukanlah pilihan yang bijak. Anda harus kembali bangkit dan menjadi manusia yang optimistis. Anda harus berjuang untuk mengatasi hambatan atau rintangan yang muncul.


Apabila Anda menemui jalan buntu, cobalah untuk rehat sejenak sambil perlahan-lahan kembali memikirkan solusi atas hambatan atau rintangan yang terjadi. Pokoknya, Anda tidak boleh menyerah. Anda harus tetap berusaha.


4. Selektif memilih karyawan

Halaman: 2
TAG:
bisnis
sukses
Jack Ma