5 Tips agar Bisnis Untung

content
Inspirasi UMKM

20/07/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Dalam berbisnis, Anda tentu ingin untung. Seperti apa tips agar bisnis untung? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Buat nama usaha yang unik

Tips agar bisnis untung yang pertama adalah membuat nama usaha yang unik. Ya, langkah awal agar bisnis untung adalah dimulai dari nama usaha dan nama usaha tersebut harus unik. Membuat nama usaha merupakan bagian dari branding. Memang bukan hal yang mudah dalam membuat nama usaha. Terkadang, Anda sudah memikirkan dan mengumpulkan banyak nama, akan tetapi belum juga menemukan yang cocok. Hal itu wajar sebab, sekali lagi, membuat nama usaha bukanlah perkara mudah.


Pembuatan nama usaha tidak boleh dilakukan dengan sembarangan dan asal, akan tetapi harus dilakukan dengan cermat dan berhati-hati. Jika Anda merasa bahwa Anda tidak mampu menentukan nama usaha seorang diri, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada kerabat atau teman Anda yang lebih berpengalaman sehingga nantinya Anda dapat memperoleh nama usaha yang tepat.


Ketika membuat nama usaha, usahakan jangan terlalu panjang, akan tetapi pendek. Dan, sebisa mungkin unik. Ini agar nama usaha Anda mudah diingat pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan selalu mengingat usaha atau bisnis Anda. Ini membuat peluang terbelinya produk yang Anda jual makin tinggi karena pelanggan selalu mengingat usaha atau bisnis Anda. Jika produk Anda laris dibeli, Anda pun akan untung.


2. Jual produk yang berkualitas

Tips agar bisnis untung yang kedua adalah menjual produk yang berkualitas. Setelah Anda membuat nama usaha yang unik, kini saatnya Anda berfokus terhadap produk yang Anda jual. Tentu saja, produk yang Anda jual haruslah produk yang berkualitas. Jika Anda menjual produk yang berkualitas, pelanggan akan senang. Sebaliknya, jika Anda menjual produk yang tidak berkualitas, pelanggan akan kecewa.


Untuk memastikan bahwa produk yang Anda jual adalah produk yang berkualitas, Anda harus melakukan quality control yang ketat sehingga, sekali lagi, produk yang dijual di pasaran adalah produk yang berkualitas. Sebagai seorang pebisnis, Anda tentu merasa lega, bukan, jika produk yang Anda jual adalah produk yang berkualitas?


Apabila Anda menjual produk yang berkualitas, maka akan banyak pelanggan yang membeli produk Anda sehingga Anda akan untung.

3. Ketahui keinginan pelanggan

Tips agar bisnis untung yang ketiga adalah mengetahui keinginan pelanggan. Setelah membuat nama usaha yang unik dan berfokus terhadap kualitas produk yang Anda jual, kini saatnya Anda mengetahui keinginan pelanggan.

Pelanggan adalah hal penting pada bisnis. Dengan adanya pelanggan, produk yang Anda jual dapat terbeli yang kemudian dapat berdampak positif terhadap bisnis Anda. Tanpa adanya pelanggan, produk yang Anda jual tidak akan terbeli yang kemudian dapat berdampak negatif terhadap bisnis Anda.

Agar produk yang Anda jual sudah sesuai dengan keinginan pelanggan, Anda harus mengetahui keinginan pelanggan terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya dengan melakukan survei, misalnya dengan menyebarkan kuesioner. Jawaban responden pada kuesioner dapat menjadi panduan Anda dalam membuat produk.

Jika produk Anda sudah sesuai dengan keinginan pelanggan, produk Anda pun akan laris dibeli pelanggan. Dengan demikian, Anda pun akan untung.

Halaman: 2
TAG:
tips
bisnis
untung