6 Tips agar Bisnis Unggul dari Kompetitor

content
Edukasi UMKM

07/07/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Dalam berbisnis, Anda tentu ingin bisnis Anda unggul dari kompetitor. Seperti apa tips agar bisnis unggul dari kompetitor? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Kenali kompetitor

Tips agar bisnis unggul dari kompetitor yang pertama adalah mengenali kompetitor. Ya, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengenali siapa kompetitor Anda. Bagaimana Anda bisa bersaing kalau Anda tidak mengetahui siapa kompetitor Anda? Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu siapa kompetitor Anda.


Ketika Anda sudah tahu siapa kompetitor Anda, langkah selanjutnya adalah mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kompetitor tersebut. Hal-hal yang berkaitan tersebut adalah misalnya keunggulan dan kelemahan kompetitor. Dengan mengetahui keunggulan kompetitor, Anda pun punya inspirasi dalam mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih baik lagi. Dengan mengetahui kelemahan kompetitor, Anda Anda dapat mengatasi kelemahan tersebut dengan menghadirkan solusi kelemahan tersebut pada bisnis Anda.


Selain keunggulan dan kelemahan, Anda juga bisa mempelajari strategi promosi yang dijalankan kompetitor. Dengan mempelajarinya, Anda pun jadi punya inspirasi untuk strategi promosi yang akan Anda jalankan. 


Intinya adalah kenali kompetitor Anda secara mendetail. Dengan demikian Anda bisa mencari celah dan peluang untuk bersaing.


2. Kenali konsumen

Tips agar bisnis unggul dari kompetitor yang kedua adalah mengenali konsumen. Setelah Anda mengenali kompetitor, kini saatnya Anda mengenali konsumen. Konsumen memegang peranan penting dalam bisnis sebab konsumenlah yang membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Tanpa konsumen, bisnis Anda tidak akan laris. Oleh karenanya, penting untuk mengenali konsumen Anda.


Anda dapat melakukan survei untuk mengenali konsumen Anda. Hal-hal yang perlu disurvei, antara lain apa masalah yang konsumen hadapi? Bagaimana kebiasaan berbelanja konsumen? Apa yang menjadi prioritas konsumen? Apakah harga yang terjangkau atau konsumen lebih berfokus terhadap kualitas premium?


Dari hasil survei pengenalan konsumen tersebut, Anda bisa menyusun strategi yang tepat, mulai dari strategi pemasaran hingga strategi pengembangan produk.


3. Tunjukkan diferensiasi

Tips agar bisnis unggul dari kompetitor yang ketiga adalah menunjukkan diferensiasi. Diferensiasi di sini maksudnya adalah keunggulan produk Anda yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Dengan kata lain hal yang membuat produk Anda berbeda dari kompetitor. 


Perkuat terus keunggulan yang Anda miliki tersebut agar Anda bisa tetap kuat di tengah persaingan. Keunggulan itulah yang membuat produk Anda memiliki nilai lebih di mata konsumen.


Contoh diferensiasi adalah misalnya Anda berjualan makanan. Diferensiasinya adalah Anda menjual makanan yang terbuat dari bahan-bahan organik. 


4. Kreatif dan inovatif

Halaman: 2
TAG:
tips
bisnis
unggul
kompetitor