6 Tips Pemasaran bagi Bisnis Anda

content
Inspirasi UMKM

29/12/2021

Kegiatan pemasaran tentu tidak bisa dilepaskan dari bisnis. Lewat kegiatan pemasaran, barang atau jasa yang Anda jual akan diketahui banyak orang. Tujuan dari kegiatan pemasaran adalah menambah untung bagi bisnis Anda. Seperti apa tips pemasaran bagi bisnis Anda? Simak selengkapnya di bawah ini.


1. Kenali pelanggan Anda

Pertama-tama, Anda harus tahu dengan baik siapa yang nantinya menggunakan produk Anda. Dengan kata lain, Anda harus tahu siapa target pasar atau pelanggan Anda. Semakin spesifik target pasar atau pelanggan Anda, maka semakin baik.


Jika Anda sudah mengetahui siapa target pasar atau pelanggan Anda, maka akan menjadi lebih mudah bagi Anda untuk memasarkan produk sebab Anda sudah mengetahui seperti apa karakteristik target pasar atau pelanggan Anda. Anda dapat dengan mudah menentukan model pemasaran seperti apa yang hendak Anda lakukan yang disesuaikan dengan karakteristik target pasar atau pelanggan Anda.


2. Manfaatkan media sosial

Zaman sekarang zamannya internet. Hampir setiap orang pasti menggunakan internet, salah satunya adalah untuk berselancar di media sosial. Ya, hampir setiap orang pasti punya media sosial. Kondisi ini dapat Anda manfaatkan untuk melakukan pemasaran di media sosial.


Dengan melakukan pemasaran di media sosial, barang atau jasa yang Anda jual dapat diketahui banyak orang, apalagi jika Anda menggunakan jasa influencer dalam melakukan pemasaran. Dengan banyaknya orang yang mengetahui barang atau jasa Anda, maka peluang terbelinya barang atau jasa Anda akan makin besar.


Jika Anda ingin melakukan pemasaran lewat media sosial, Anda dapat melakukannya di Pasangiklan.com, yakni melalui iklan Instagram. Terdapat dua jenis iklan Instagram, yakni feed  dan story. Iklan dalam bentuk feed akan tayang selama 7 hari, sedangkan iklan dalam bentuk story akan tayang selama 24 jam. 


Iklan Instagram di Pasangiklan.com akan tayang di akun-akun grup Kompas Gramedia, seperti @grid_id, @majalah_bobo, @bolasport, @hai_online, @idea_online, @tabloidnovaofficia. Harganya cukup terjangkau, yakni mulai Rp100.000-an.

3. Buat anggaran yang realistis

Melakukan pemasaran tentu butuh sejumlah dana. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat anggarannya terlebih dahulu. Ketika Anda membuat anggaran, buatlah anggaran yang realistis. Jangan terlalu memaksakan diri membuat anggaran yang terlalu besar jumlahnya.


Kalau anggaran Anda terlalu besar jumlahnya, dikhawatirkan Anda akan membuang uang percuma dan hasil pemasarannya tidak terlalu bagus. Kekhawatiran yang lain adalah bisnis Anda bisa tutup lebih awal karena menghambur-hamburkan uang untuk kegiatan pemasaran. Oleh karena itu, untuk menghindarinya, buatlah anggaran yang realistis.


4. Pilih lokasi yang strategis

Ya, lokasi yang strategis juga termasuk dalam tips pemasaran bagi bisnis Anda. Dengan memilih lokasi yang strategis, produk yang Anda jual akan lebih mudah terlihat sehingga peluang untuk produk Anda terbeli juga makin tinggi.


Seperti apa lokasi yang strategis itu? Contohnya adalah lokasi di dekat jalan utama, dekat sekolah, dekat gedung perkantoran, dekat pasar, dan dekat pusat keramaian lainnya. Contoh lain lokasi strategis adalah misalkan Anda menjual perlengkapan untuk anak indekos, maka lokasi yang strategis adalah lokasi yang dekat sekolah atau kampus.

Halaman: 2
TAG:
pemasaran
tips pemasaran
kegiatan pemasaran
bisnis