5 Hal yang Harus Anda Lakukan Sebelum Memulai Bisnis

content
Inspirasi UMKM

13/12/2021

Zaman sekarang, kian banyak orang yang berbisnis. Apakah Anda salah satunya? Atau mungkin, Anda baru akan memulai bisnis? Di bawah ini adalah hal-hal yang harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis.


1. Tentukan produk yang akan dijual

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis adalah Anda harus tahu produk apa yang akan Anda jual. Produk bisa berupa barang, bisa juga berupa jasa. Untuk mengetahui produk apa yang akan Anda jual, Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu. Anda cari tahu apa yang sedang dibutuhkan orang-orang dan Anda mencoba memenuhinya dengan menghadirkan produk tersebut.


Anda bisa juga menjual produk berdasarkan hobi atau kesenangan Anda. Ini tentu lebih memudahkan dalam mengelola bisnis nantinya sebab Anda menjual sesuatu yang memang Anda sukai. Sebagai contoh, Anda suka minum kopi. Nah, Anda bisa membuka bisnis berupa minuman kopi kekinian.


2. Tentukan jenis badan usaha

Selanjutnya, Anda harus tahu jenis badan usaha apa yang akan Anda jalankan. Terdapat beragam jenis badan usaha. Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Contoh jenis badan usaha ialah sebagai berikut.

Perusahaan perseorangan: merupakan jenis badan usaha di mana Anda berhak atas seluruh laba, akan tetapi jika terjadi kerugian, Anda menanggungnya sendiri.
Firma: merupakan jenis badan usaha berupa perserikatan dagang di mana setiap anggota firma turut bertanggung jawab
Persekutuan komanditer atau CV: merupakan jenis badan usaha di mana ada dua pihak, yakni mitra aktif dan mitra pasif. Mitra aktif turut terlibat dalam menjalankan usaha, sedangkan mitra pasif hanya ikut menyetor modal.
Perseroan terbatas atau PT: merupakan jenis badan usaha berupa perserikatan dagang atau perusahaan yang mempunyai modal bersama yang dibagi atas saham-saham.

3. Ketahui kompetitor

Penting untuk mengetahui kompetitor sebelum memulai bisnis agar Anda dapat belajar dari mereka. Anda dapat mempelajari produk yang mereka jual, lalu dari situ Anda dapat memperoleh inspirasi produk apa yang Anda akan jual. Anda juga bisa mempelajari cara mereka berpromosi, lalu dari situ Anda dapat menentukan promosi seperti apa yang hendak Anda jalankan. 


Pun, kalau kompetitor Anda pernah mengalami kegagalan, Anda dapat mempelajarinya juga sehingga ke depannya Anda tidak ikut gagal, tetapi bisa mengantisipasi. Anda bisa mempelajari bagaimana cara mereka mengatasi kegagalan sehingga bisa menginspirasi Anda nantinya kalau-kalau bisnis yang sedang Anda jalankan tidak berada dalam kondisi yang baik.


4. Tentukan target pasar

Tanpa adanya konsumen, produk yang Anda jual tidak akan terbeli. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui siapa konsumen yang menjadi target pasar Anda. Anda kenali profilnya, kenali pula produk apa yang mereka sukai, lalu Anda mencoba memenuhinya melalui produk yang Anda jual.


Mengetahui target pasar juga penting untuk menentukan kegiatan promosi seperti apa yang akan Anda lakukan. Sebagai contoh, jika target pasar Anda adalah konsumen senior, Anda dapat melakukan promosi berupa beriklan secara tradisional, yakni di TV atau di koran. Sementara itu, jika target pasar Anda adalah konsumen yang berumur lebih muda, Anda dapat beriklan di YouTube atau di media sosial.


5. Siapkan modal

Hal terakhir yang harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis adalah menyiapkan modal. Tanpa modal, bisnis Anda tidak akan berjalan. Modal penting demi keberlangsungan bisnis Anda. Anda dapat menyiapkan modal dari uang yang telah Anda tabung. Kalau Anda belum punya cukup banyak modal untuk promosi, Anda dapat melakukannya dengan berpromosi secara gratis di media sosial Anda.

Halaman: 2
TAG:
pasangiklan
tips bisnis
memulai bisnis
iklan digital
iklan instagram
iklan advertorial
iklan baris
iklan tv
cara pasangiklan