5 Pemanfaatan Tanah Kosong untuk Bisnis

content
Edukasi UMKM

14/04/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Bisnis bisa datang dari mana saja, termasuk tanah kosong. Seperti apa pemanfaatan tanah kosong untuk bisnis? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Menjadikannya lahan parkir

Pemanfaatan tanah kosong untuk bisnis yang pertama adalah dengan menjadikannya lahan parkir. Lahan parkir di sini bisa untuk lahan parkir sepeda, sepeda motor, ataupun mobil. Khususnya mobil, banyaknya warga yang memiliki mobil, akan tetapi tidak punya tempat untuk memarkirnya, bisa Anda jadikan peluang untuk memanfaatkan tanah kosong menjadi lahan parkir. Lahan parkir merupakan bidang bisnis yang cukup prospektif karena banyak orang yang membutuhkannya.


Meningkatnya jumlah penduduk membuat lahan makin sempit. Hal tersebut berbanding terbalik dengan jumlah kendaraan yang makin banyak. Jumlah kendaraan makin banyak, akan tetapi lahan makin sempit sehingga tidak ada tempat untuk memarkir kendaraan. Dari sinilah kemudian warga berbondong-bondong mencari tempat untuk memarkir kendaraan mereka. 


Untuk bisa menjalani bisnis lahan parkir, cobalah cari tanah kosong di lokasi yang strategis. Salah satunya adalah di kawasan permukiman padat penduduk.


2. Menjadikannya peternakan

Pemanfaatan tanah kosong untuk bisnis yang kedua adalah dengan menjadikannya peternakan. Ya, Anda bisa memanfaatkan tanah kosong sebagai tempat memelihara hewan yang dapat menghasilkan sebagai sumber pangan. Ketika hasil ternak Anda jual, Anda akan memperoleh keuntungan yang tentunya dapat berdampak baik bagi kelancaran bisnis Anda.


Hewan apa yang sebaiknya dijadikan ternak pada pemanfaatan tanah kosong? Salah satu yang direkomendasikan adalah ikan. Ini karena ikan cukup mudah perawatannya. Selain itu, ikan mempunyai banyak macam, seperti lele, nila, tengiri, tongkol, mujair, dan gurami.


Selain untuk peternakan, Anda juga bisa memanfaatkan tanah kosong untuk budidaya tanaman. Ketika tanaman yang Anda budidayakan sudah berbunga, Anda dapat menjualnya sehingga Anda bisa memperoleh keuntungan.


3. Menjadikannya tempat untuk industri rumahan

Pemanfaatan tanah kosong untuk bisnis yang ketiga adalah dengan menjadikannya tempat untuk industri rumahan. Daripada tanah dibiarkan kosong dan tidak menghasilkan apa-apa, lebih baik tanah kosong tersebut dibuat “produktif” dengan memanfaatkannya sebagai tempat untuk industri rumahan.


Tidak perlu membangun industri yang besar. Sebagai permulaan, Anda bisa membangun industri kecil-kecilan. Tidak apa walaupun industrinya masih kecil, yang penting Anda menjalaninya dengan sepenuh hati. Toh, lama-kelamaan, jika Anda tekun, industri kecil tersebut pada akhirnya dapat berkembang menjadi industri besar.


Kalau Anda masih merupakan orang baru dalam hal menjalani industri rumahan, Anda dapat meminta bantuan dari kerabat Anda yang sudah berpengalaman. Seraplah ilmu sebanyak mungkin dari kerabat Anda yang sudah berpengalaman tersebut dan terapkan ilmu tersebut saat Anda menjalani bisnis industri rumahan.


4. Menjadikannya tempat untuk membuat sekam bakar

Pemanfaatan tanah kosong untuk bisnis yang keempat adalah dengan menjadikannya tempat untuk membuat sekar bakar. Zaman sekarang, banyak orang yang memelihara tanaman di rumahnya. Hal tersebut bisa Anda jadikan peluang untuk membuka bisnis sekam bakar.

Halaman: 2
TAG:
tanah kosong
bisnis