Media Sosial Bisa Bantu Meningkatkan Penjualan, lo. Ini 6 Tipsnya

content
Edukasi UMKM

29/07/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Dalam berbisnis, Anda tentu ingin penjualan Anda meningkat. Meningkatkan penjualan bisa dilakukan melalui media sosial. Seperti apa tips menggunakan media sosial untuk meningkatkan penjualan? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Gunakan jasa influencer

Tips menggunakan media sosial untuk meningkatkan penjualan yang pertama adalah menggunakan jasa influencer. Zaman sekarang, banyak influencer bermunculan. Mereka terbagi-bagi ke dalam beberapa bidang, misalnya kecantikan, kuliner, traveling, dan pendidikan. Kemunculan banyaknya influencer jangan Anda diamkan saja. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus bisa memanfaatkannya.


Bagaimana cara memanfaatkan kemunculan banyaknya influencer pada media sosial? Tentu saja dengan menggunakan mereka untuk membantu mempromosikan produk yang Anda jual. 


Ya, Anda dapat menggunakan jasa mereka agar produk yang Anda jual makin dikenal banyak orang. Dengan menggunakan jasa influencer, produk Anda bisa makin dikenal banyak orang sebab influencer-influencer tersebut mempunyai banyak pengikut, ratusan ribu bahkan jutaan. Banyaknya pengikut yang dimiliki influencer-influencer tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk yang Anda jual. 


Dengan makin dikenalnya produk yang Anda jual, peluang terbelinya produk tersebut juga makin tinggi. Dengan demikian, nantinya penjualan produk Anda dapat meningkat yang tentunya dapat berdampak positif bagi bisnis Anda.


Oh, ya, ketika memilih influencer, Anda tidak boleh melakukannya secara sembarangan dan asal. Pastikan bahwa influencer tersebut benar-benar dapat merepresentasikan produk yang Anda jual.


2. Buat konten live

Tips menggunakan media sosial untuk meningkatkan penjualan yang kedua adalah membuat konten live. Setelah Anda menggunakan jasa influencer, kini saatnya Anda fokus untuk membuat konten live.


Ya, konten live atau siaran langsung sedang populer saat ini. Banyak pihak yang membuat konten live untuk memperkenalkan produk mereka ke khalayak luas. Anda pun dapat ikut serta melakukannya agar produk yang Anda jual makin dikenal secara luas. 


Tidak harus Anda yang menjadi talent pada konten live. Anda dapat meminta bantuan kerabat atau teman Anda yang lebih berpengalaman untuk menjadi talent. Pada konten live, Anda dapat membuat konten berupa unboxing dan reviu produk.


Agar konten live Anda menarik, Anda harus mempersiapkannya dengan baik jauh-jauh hari sebelumnya. Persiapan yang maksimal akan menghasilkan konten live yang maksimal pula. 


Jika konten live Anda menarik, akan ada banyak orang yang menontonnya. Jika konten live Anda ditonton banyak orang, produk yang Anda jual pun akan makin dikenal. Itu tandanya peluang terbelinya produk Anda pun meningkat. Dengan demikian, nantinya penjualan produk Anda dapat meningkat.


3. Buat konten visual

Tips menggunakan media sosial untuk meningkatkan penjualan yang ketiga adalah memperbanyak konten visual. Setelah Anda menggunakan jasa influencer dan membuat konten live, kini saatnya Anda fokus membuat konten visual.

Halaman: 2 3
TAG:
media sosial
meningkatkan penjualan
tips
bisnis