Segarnya Meraih Keuntungan dari Bisnis Franchise Minuman

content
Inspirasi UMKM

02/03/2022

Zaman sekarang, banyak bisnis minuman yang beredar di pasaran, misalnya kopi atau boba. Di antara beragam jenis bisnis minuman tersebut, ada yang menggunakan sistem franchise. Seperti apa tips berbisnis franchise minuman? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Pilih produk minuman yang target pasarnya jelas

Ya, pertama-tama, sebelum Anda benar-benar terjun ke dunia bisnis franchise minuman, Anda harus menentukan minuman apa yang akan Anda jual. Pastikan bahwa minuman tersebut mempunyai target pasar alias pelanggan sehingga Anda tidak akan rugi nantinya.


Untuk menentukan produk minuman yang akan Anda jual, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Salah satu contoh riset adalah berangkat dari lingkungan sekitar tempat tinggal Anda. Coba Anda amati dengan cermat, kira-kira minuman seperti apa yang dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar tempat tinggal Anda. Setelah mengetahuinya, Anda dapat mencoba memenuhinya dengan menghadirkan minuman yang dibutuhkan tersebut.


Bisnis franchise biasanya memiliki sistem kontrak dalam kurun waktu yang cukup lama, kurang lebih 5 tahun. Jadi, pastikan bahwa produk minuman yang Anda pilih bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama sehingga Anda tidak akan rugi.


2. Pastikan produk minuman yang Anda pilih bukanlah minuman musiman

Ingat dengan es kepal Milo? Minuman tersebut sempat viral beberapa saat yang lalu. Di mana-mana mudah ditemui penjual es kepal milo. Namun, kini, es kepal Milo tidak lagi viral. Popularitasnya sudah redup. Penjual es kepal Milo pun sangat jarang ditemui.


Es kepal Milo merupakan contoh minuman musiman, yakni minuman yang tidak bertahan lama. Anda tentu tidak ingin bisnis franchise minuman Anda tidak bertahan lama, bukan? Anda tentu ingin bisnis franchise minuman Anda bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama, bukan?


Oleh karena itu, janganlah memilih minuman yang musiman. Pilih minuman yang bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama sehingga Anda tidak akan merugi.


3. Pilih pemilik franchise minuman yang suportif

Tips berbisnis franchise minuman selanjutnya adalah memilih pemilik franchise yang suportif. Selain pemilihan produk, pemilihan franchisor atau pemilik franchise juga penting. Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih pemilik franchise. Anda harus memilihnya dengan cermat. 


Usahakan Anda memilih pemilik franchise yang suportif yang siap membantu Anda kapan pun Anda membutuhkannya. Ingat, bisnis minuman pasti akan menemui pasang surut, terutama dalam hal persaingan. Saat bisnis minuman Anda tidak sedang baik-baik saja, misalnya mengalami kegagalan, pemilik franchise yang suportif pasti akan membantu Anda kembali bangkit dari kegagalan dan menjalankan kembali bisnis minuman Anda. 


Contoh pemilik franchise yang suportif lainnnya adalah pemilik franchise yang memperbolehkan Anda untuk berinovasi terhadap produk minuman yang Anda jual.


4. Mempertimbangkan reputasi merek produk

Selain memperhatikan apakah sebuah produk punya target pasar yang jelas atau tidak, pertimbangan lain dalam memilih produk adalah reputasi dari merek produk tersebut. Anda juga tidak boleh sembarangan saat mempertimbangkan reputasi merek. Pastikan bahwa merek produk tersebut tidak pernah tersandung masalah sehingga Anda pun nantinya lancar saat mulai berbisnis.

Halaman: 2
TAG:
bisnis
franchise
minuman
keuntungan