4 Cara Kreatif Memasarkan Produk

content
Inspirasi UMKM

09/03/2022

Dunia bisnis tidak bisa dilepaskan dari yang namanya pemasaran. Lewat kegiatan pemasaran, bisnis Anda akan makin dikenal banyak orang. Ada banyak cara untuk memasarkan produk, termasuk dengan cara kreatif. Seperti apa? Simak 4 cara kreatif memasarkan produk di bawah ini.


1. Membuat website

Zaman sekarang zamannya serba internet. Setiap hari, rata-rata orang mengakses internet untuk mencari tahu tentang sesuatu atau berbagi tentang cerita keseharian mereka pada media sosial. Pada zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, rasanya tidak mungkin manusia dapat hidup tanpa adanya akses ke internet.


Kondisi di atas dapat Anda manfaatkan untuk membuat website bisnis Anda. Pada website bisnis tersebut, Anda dapat mengunggah foto beserta deskripsi dari produk yang Anda jual. Pun, Anda bisa memanfaatkan website bisnis tersebut sebagai tempat untuk berbelanja bagi para konsumen. Fungsi lain website bisnis adalah untuk saling berinteraksi dengan konsumen.


Bagaimana caranya agar website bisnis Anda muncul pada halaman pertama mesin pencarian Google? Caranya adalah dengan menerapkan search engine optimization (SEO) pada bagian deskripsi website bisnis Anda. Jika website bisnis Anda muncul pada halaman pertama mesin pencarian Google, maka kemungkinan website bisnis Anda diklik oleh pengguna makin besar. Itu nantinya dapat meningkatkan traffic ke website bisnis Anda.


2. Maksimalkan foto produk

Masih berkaitan dengan website bisnis, Anda tentu memasang foto dari produk yang Anda jual, bukan pada website tersebut? Nah, Anda harus menggunakan foto yang bagus. Bagus di sini berarti foto tersebut high resolution, tidak blur, dan jelas. Ya, foto harus jelas sehingga konsumen tahu dengan jelas pula seperti apa produk yang Anda jual.


Supaya makin oke, Anda bisa mengambil foto dari beberapa sudut yang berbeda. Jangan ragu untuk menggunakan aplikasi pengeditan foto untuk membuat foto Anda menjadi lebih cerah. Untuk pencahayaan foto, Anda dapat menggunakan cahaya alami, yakni matahari atau lampu khusus.


3. Membuat vlog

Cara kreatif memasarkan produk yang ketiga adalah dengan membuat vlog. Zaman sekarang, banyak orang yang gemar menonton vlog. Anda bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk membuat vlog untuk mempromosikan produk yang Anda jual.


Sebelum membuat vlog, Anda harus menyiapkan peralatan dan perlengkapan terlebih dahulu, yakni kamera atau ponsel serta software untuk nantinya mengedit vlog Anda. Jangan lupa juga siapkan materi yang akan disampaikan pada vlog.


Anda dapat bercerita dengan detail mengenai produk yang Anda jual. Pun Anda bisa bercerita tentang suka duka merintis bisnis yang Anda lakoni. Intinya, pilihlah poin pembahasan yang menarik di mata konsumen agar konsumen tidak bosan saat menonton vlog Anda.


4. Manfaatkan media sosial

Zaman sekarang zamannya media sosial. Hampir setiap orang punya media sosial untuk berbagi cerita. Selain sebagai tempat untuk berbagi cerita, media sosial juga dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis.


Ada baiknya Anda membuat akun khusus untuk mempromosikan bisnis Anda, misalnya akun Instagram khusus untuk mempromosikan bisnis Anda. Karena karakteristik konten Instagram adalah konten visual, oleh karenanya pasanglah foto-foto yang bagus, yang menarik. Pun, foto Anda harus jelas. Selain foto, jangan lupa untuk menuliskan takarir alias caption. Takarir harus jelas dan menarik, membuat orang penasaran untuk mengeklik tombol call to action (CTA). 

Halaman: 2
TAG:
bisnis
pemasaran
cara kreatif