6 Tips Mengembangkan UMKM

content
Inspirasi UMKM

30/06/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Salah satu bisnis yang cukup menjamur adalah usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). Bisnis harus terus berkembang agar memperoleh keuntungan, termasuk UMKM. Seperti apa tips mengembangkan UMKM? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Lakukan analisis SWOT

Tips mengembangkan UMKM yang pertama adalah melakukan analisis SWOT. SWOT merupakan singkatan dari strength, weakness, opportunity, threat. Ya, langkah awal untuk mengembangkan UMKM adalah melakukan analisis SWOT.


Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mampu melakukan analisis SWOT. Jika Anda merasa tidak mampu melakukan analisis SWOT seorang diri, Anda dapat meminta bantuan dari kerabat atau teman Anda. Analisis SWOT penting dilakukan agar nantinya hasil analisis tersebut bisa menjadi panduan untuk Anda menjalankan bisnis.


Dalam analisis SWOT, Anda menganalisis faktor internal dan eksternal. Faktor internal ialah strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan), sedangkan faktor eksternal ialah opportunity (peluang) dan threat (ancaman). 


Dengan melakukan analisis SWOT, Anda bisa mengetahui apa saja kekuatan bisnis Anda. Dari situ, Anda dapat melakukan hal-hal untuk memperkuat kekuatan bisnis Anda. Pun Anda tahu kelemahan bisnis Anda. Dari situ, Anda dapat melakukan hal-hal untuk mengatasi kelemahan bisnis Anda.


Manfaat lain analisis SWOT adalah mengetahui peluang untuk bisnis Anda dan ancaman terhadap bisnis Anda. Dari situ, Anda dapat memanfaatkan dengan baik peluang yang ada dan mengantisipasi ancaman yang mungkin terjadi.


2. Membuat perencanaan bisnis

Tips mengembangkan UMKM yang kedua adalah membuat perencanaan bisnis. Ya, setelah Anda selesai melakukan analisis SWOT, kini saatnya Anda membuat perencanaan bisnis. Perencanaan bisnis penting dilakukan karena nantinya dapat menjadi panduan atau pegangan bagi Anda dalam menjalankan bisnis Anda.


Membuat perencanaan bisnis tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan asal, akan tetapi harus dilakukan dengan cermat dan berhati-hati. Kalau Anda merasa belum bisa melakukannya seorang diri, mintalah bantuan kepada teman atau kerabat Anda yang sudah lebih berpengalaman.


Apa saja yang tertera pada perencanaan bisnis? Antara lain adalah target penjualan, rencana promosi, dan perhitungan biaya. Dengan membuat perencanaan bisnis yang baik, Anda tidak akan salah langkah dalam menjalankan bisnis sebab ada sudah punya panduannya.


3. Rencanakan anggaran

Tips mengembangkan UMKM yang ketiga adalah merencanakan anggaran. Setelah Anda melakukan analisis SWOT dan membuat perencanaan bisnis, kini saatnya Anda merencanakan anggaran. Sama seperti membuat perencanaan bisnis, merencanakan anggaran tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan asal, akan tetapi harus dilakukan secara cermat dan berhati-hati. Dan, ya, jika Anda merasa tidak mampu melakukannya seorang diri, mintalah bantuan kepada kerabat atau teman Anda yang lebih berpengalaman.


Modal untuk UMKM biasanya terbatas. Oleh karena itu, Anda perlu merencanakan anggaran dengan matang agar modal yang terbatas tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal. Dengan membuat rencana anggaran yang matang, Anda dapat menyusun biaya kebutuhan secara efisien dan memangkas biaya yang kurang penting.


4. Jalin hubungan baik dengan pelanggan

Halaman: 2
TAG:
tips
mengembangkan
UMKM
bisnis