5 Tips agar Pemilik UMKM Bertahan di Tengah Pandemi

content
Inspirasi UMKM

17/12/2021

Selama pandemi, perekonomian menjadi lesu. Sektor UMKM pun ikut terdampak. Perekonomian boleh terdampak, tetapi jangan sampai itu juga berdampak kepada semangat Anda para pemilik UMKM. Anda harus tetap bersemangat agar UMKM Anda tetap dapat bertahan di tengah pandemi. Bagaimana caranya? Di bawah ini adalah lima tips agar pemilik UMKM bertahan di tengah pandemi.


1. Lakukan analisis SWOT

Tips agar pemilik UMKM bertahan di tengah pandemi yang pertama adalah melakukan analisis SWOT. SWOT merupakan singkatan dari strength, weakness, opportunity, threat. Analisis SWOT penting dilakukan oleh UMKM di masa pandemi. Dengan melakukan analisis SWOT, UMKM dapat mengetahui apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, sumber peluang, dan ancaman terhadap usaha mereka. 


Dengan mengetahui dan mempelajari itu semua, UMKM dapat berbenah diri dengan meningkatkan hal yang menjadi kekuatan dan sumber peluang dan memperbaiki hal yang menjadi kelemahan dan ancaman. Dengan demikian, UMKM terus dapat bertahan di tengah pandemi.


2. Berjualan secara daring dan manfaatkan digital marketing

Selama masa pandemi, penggunaan internet tentu meningkat. Ini bisa menjadi peluang bagi pemilik UMKM untuk berjualan secara daring, misalnya melalui media sosial atau masuk ke dalam market place. Sejalan dengan itu, pemilik UMKM juga dianjurkan untuk memanfaatkan digital marketing.


Digital marketing adalah cara pemasaran secara digital (daring) dengan memanfaatkan internet. Zaman sekarang, semua serba internet, apalagi di masa pandemi di mana penggunaan internet makin meningkat akibat penerapan social distancing. Oleh karena itu, penerapan digital marketing sangat dianjurkan untuk para pemilik UMKM. Beberapa kelebihan digital marketing adalah sebagai berikut.


Tersebar secara cepat

Karena memanfaatkan internet, kegiatan pemasaran lewat digital marketing dapat tersebar secara cepat. Dalam hitungan detik, iklan produk Anda dapat tersampaikan ke konsumen.


Lebih luas jangkauannya

Karena memanfaatkan internet, Anda dapat menjangkau konsumen secara luas, tidak terbatas pada konsumen di area geografis tertentu.


Lebih mudah mengevaluasi

Kegiatan pemasaran lewat digital marketing lebih mudah untuk dievaluasi dengan menggunakan analytical tools. Anda dapat dengan mudah mengukur keberhasilan iklan Anda, misalnya berapa orang yang menonton iklan Anda. Ini nantinya dapat menjadi panduan untuk pembuatan iklan berikutnya.


Akses informasi bagi konsumen lebih mudah

Karena memanfaatkan internet, konsumen dapat dengan mudah dan cepat mencari tahu informasi seputar produk yang Anda iklankan. Makin banyak yang mencari tahu, makin besar pula peluang bagi produk tersebut dibeli oleh konsumen.

Halaman: 2 3
TAG:
UMKM
perekonomian
bertahan
pandemi