6 Strategi Pemasaran yang Jitu bagi Bisnis Anda

content
Edukasi UMKM

01/07/2022

Bisnis tidak dapat dilepaskan dari kegiatan pemasaran. Lewat kegiatan pemasaran, bisnis Anda akan makin dikenal luas. Pada kegiatan pemasaran, ada yang namanya strategi pemasaran, yakni serangkaian rancangan yang bertujuan untuk memasarkan suatu produk kepada masyarakat agar produk dapat terjual dan menghasilkan keuntungan yang maksimal. 


Lantas, strategi pemasaran apa yang jitu bagi bisnis Anda? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Content marketing

Strategi pemasaran yang jitu bagi bisnis Anda yang pertama adalah content marketing. Strategi pemasaran tersebut banyak digunakan perusahaan. Dalam penggunaan content marketing, kreativitas adalah kunci. Dengan disertai kreativitas, perusahaan bisa menyajikan content marketing yang menarik. Sebaliknya, tanpa disertai kreativitas, perusahaan tidak akan bisa menyajikan content marketing yang menarik.

Pembuatan content marketing tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan asal, akan tetapi harus dilakukan dengan cermat dan berhati-hati. Jika Anda merasa kurang mampu untuk membuatnya seorang diri, Anda dapat meminta bantuan kepada kerabat atau teman Anda yang lebih berpengalaman.


Content marketing haruslah menarik agar pelanggan tertarik untuk melihatnya. Jika content marketing tidak menarik, pelanggan pun akan merasa enggan untuk melihatnya.

Salah satu bentuk content marketing adalah infografik. Untuk membuat infografik yang menarik, Anda harus memiliki keahlian mendesain grafis sehingga visual infografik terlihat menarik. Anda juga harus mempunyai keahlian copywriting agar kata atau kalimat pada infografik mudah dipahami dan nampak menarik.


Contoh content marketing yang lain adalah video, podcast, dan artikel blog.


2. Email marketing

Strategi pemasaran yang jitu bagi bisnis Anda yang kedua adalah email marketing. Pernahkah Anda menerima email dari suatu perusahaan yang berisi promosi yang sedang diadakan perusahaan tersebut? Jika Anda pernah menerimanya, Anda berarti menerima email marketing


Dalam penggunaan email marketing, konten adalah kunci. Bila kontennya bagus, pelanggan tentu tertarik untuk membuka email marketing dari perusahaan. Bila kontennnya kurang bagus, pelanggan akan enggan untuk membuka email marketing dari perusahaan.


Salah satu hal yang dapat mendorong pelanggan untuk mau membuka email marketing adalah subjek email. Untuk membuat subjek email yang baik, Anda perlu keahlian copywriting. Kalau bisa, Anda perlu membuat subjek email yang clickbait sehingga pelanggan tertarik untuk membuka email dan melihat konten yang telah Anda buat.


Anda juga harus mengatur jadwal pengiriman email marketing. Kalau Anda terlalu sering mengirim, pelanggan akan merasa enggan untuk membuka email marketing dari Anda.


3. Event marketing

Strategi pemasaran yang jitu bagi bisnis Anda yang ketiga adalah event marketing. Ya, menyelenggarakan event atau acara juga termasuk dalam strategi pemasaran yang jitu bagi bisnis Anda. Dengan menyelenggarakan event, Anda dapat bertemu secara langsung dengan pelanggan Anda dan memasarkan produk atau jasa Anda secara face to face. Penyelenggaraan event merupakan sebuah kesempatan bagi produk atau jasa Anda bisa dikenal secara lebih meluas.

Halaman: 2 3
TAG:
strategi pemasaran
jitu
bisnis