5 Strategi Promosi Bisnis Kekinian

content
Edukasi UMKM

16/03/2022

Bisnis tidak dapat dilepaskan dari yang namanya promosi. Lewat promosi, bisnis Anda akan makin dikenal banyak orang. Ada banyak strategi promosi bisnis yang bisa Anda lakukan, misalnya lima strategi promosi bisnis kekinian di bawah ini.


1. Lewat media sosial

Zaman sekarang adalah zaman serba internet. Salah satu contoh penggunaan internet yang banyak dilakukan masyarakat adalah berselancar di media sosial. Ya, zaman sekarang, rata-rata masyarakat sudah punya media sosial. Mereka menggunakan media sosial untuk berbagi cerita tentang keseharian mereka, baik melalui foto maupun video.


Tahukah Anda bahwa zaman sekarang fungsi media sosial tidak sekadar untuk berbagi cerita keseharian, tetapi juga sebagai alat untuk mempromosikan bisnis. Ya, zaman sekarang, banyak orang yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnisnya.


Salah satu media sosial yang banyak digunakan masyarakat untuk mempromosikan bisnis adalah Instagram. Apakah Anda juga memanfaatkan Instagram sebagai media untuk berbisnis? 


Agar dapat mempromosikan bisnis Anda dengan baik pada Instagram, Anda harus mengunggah foto yang baik, yang jelas, yang resolusinya tinggi, dan tidak blur. Selain itu, Anda juga harus membuat takarir yang menarik untuk menarik perhatian konsumen.


Jika Anda ingin mempromosikan bisnis Anda pada Instagram, Anda dapat melakukannya di Pasangiklan.com. Ada dua jenis iklan Instagram pada Pasangiklan.com, yakni iklan dalam bentuk feed yang tayang selama 7 hari dan iklan dalam bentuk story yang tayang selama 24 jam.


Iklan Instagram tersebut nantinya tayang pada akun Instagram grup Kompas Gramedia, yakni @grid_id, @majalah_bobo, @bolasport, @hai_online, @idea_online, @tabloidnovaofficial, dan masih banyak lagi. Harga iklannya cukup terjangkau, yakni mulai Rp100.000.


2. Lewat website

Apakah penting bagi seorang pebisnis untuk memiliki website bisnis? Jawabannya, penting. Mengapa demikian? Hal itu karena dengan mempunyai website bisnis, bisnis Anda terlihat lebih profesional dan lebih tepercaya di mata masyarakat.


Alasan kedua mengapa website bisnis perlu untuk dibuat adalah karena melalui website bisnis, konsumen dapat memperoleh informasi yang lebih lengkap dan jelas tentang bisnis Anda. Jika pada media sosial infromasi yang diberikan terbatas, maka pada website, informasinya tidak terbatas, tetapi lengkap. Dengan demikian, konsumen dapat memperoleh gambaran yang makin jelas tentang bisnis Anda.


Informasi apa saja yang harus ada pada website bisnis? Anda dapat mencantumkan profil bisnis (company profile), barang atau jasa yang Anda jual yang dilengkapi dengan gambar yang jelas, serta informasi mengenai kontak (nomor telepon) yang berguna apabila konsumen hendak menghubungi Anda.


Bagaimana caranya agar konsumen tahu website bisnis Anda? Anda dapat mencantumkan tautan website bisnis Anda pada media sosial, misalnya pada bagian bio pada Instagram. Anda juga dapat menerapkan teknis search engine optimization (SEO) agar website bisnis Anda muncul pada halaman pertama pencarian Google.


3. Lewat YouTube

Zaman sekarang, banyak orang yang mengakses YouTube untuk menonton video. Nah, Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk berpromosi. Ya, Anda dapat membuat video, lalu mengunggahnya pada YouTube sehingga video promosi Anda dapat ditonton banyak orang.

Halaman: 2
TAG:
bisnis
strategi promosi
kekinian