5 Tips Beriklan pada Instagram

content
Inspirasi UMKM

21/01/2022


Zaman sekarang, hampir setiap orang punya akun Instagram. Mereka menggunakan Instagram untuk berbagi cerita mereka, baik melalui feed ataupun story. Selain sebagai tempat untuk berbagi cerita, Instagram juga dapat menjadi tempat untuk mengiklankan usaha Anda. Seperti apa tips beriklan pada Instagram? Simak selengkapnya di bawah ini.


1. Tentukan tujuan iklan

Tips beriklan pada Instagram yang pertama adalah menentukan tujuan iklan. Sebelum Anda memasang iklan di Instagram, Anda harus tahu apa tujuan Anda memasang iklan. Ketika tujuan memasang iklan sudah jelas, Anda dapat melanjutkan memasang iklan yang sesuai dengan tujuan yang ingin diraih.


Contoh tujuan memasang iklan adalah mengonversi audiens menjadi follower, meningkatkan brand awareness, meningkatkan traffic ke website bisnis atau online shop, membuat audiens mau membeli dan menggunakan produk yang Anda jual.


Setelah mengetahui tujuan memasang iklan, maka Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan tujuan Anda memasang iklan. Tanpa tujuan yang spesifik, iklan Anda akan terpasang tanpa arah. Oleh karena itu, menentukan tujuan memasang iklan di awal sangatlah penting.


2. Buat perencanaan yang matang

Jangan langsung memasang iklan. Buatlah perencanaan yang matang terlebih dahulu sebelum memasang iklan. Perencanaan yang matang akan membuat iklan yang Anda pasang menjadi lebih terarah. Contoh perencanaan yang matang ialah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

  • Apa yang akan Anda promosikan?
  • Apa yang ingin Anda capai dengan beriklan di Instagram?
  • Bagaimana mengukur tingkat keberhasilan iklan?

Jika Anda mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, berarti Anda sudah memiliki perencanaan yang matang. Perencanaan yang matang tersebut dapat menjadi acuan bagi Anda ketika memasang iklan di Instagram. Membuat perencanaan yang matang itu penting. Jadi, jangan sampai Anda tidak membuatnya.


3. Kenali audiens

Audiens berarti target pasar atau pelanggan Anda. Dengan mengenali audiens, Anda nantinya dapat membuat konten iklan yang dapat menarik perhatian mereka. Salah satu cara untuk mengenali audiens adalah dengan menjawab dua pertanyaan di bawah ini.

Halaman: 2
TAG:
Instagram
iklan Instagram
tips iklan Instagram