7 Tips Melakukan Promosi bagi Bisnis Anda

content
Inspirasi UMKM

06/01/2022

Bisnis tidak dapat dilepaskan dari kegiatan yang namanya promosi. Lewat promosi, produk yang Anda jual dapat semakin dikenal luas. Bagaimana tips melakukan promosi bagi bisnis? Simak ulasannya di bawah ini.


1. Buat konsep yang unik

Tips melakukan promosi bagi bisnis yang pertama adalah membuat konsep yang unik. Sama seperti berjualan produk, promosi produk juga perlu keunikan. Ini agar promosi produk Anda mudah diingat oleh konsumen. Tanpa keunikan, promosi produk Anda akan lewat begitu saja tanpa benar-benar diingat oleh konsumen.


Memberikan diskon sekian persen merupakan promosi produk yang sudah biasa. Yang tidak biasa atau unik adalah memberikan diskon bagi konsumen yang sedang berulang tahun di hari tertentu. Atau, bisa juga dengan memberikan diskon bagi konsumen yang namanya diawali huruf tertentu.


2. Berikan batas waktu

Ya, yang namanya promosi tentu ada batas waktunya. Batas waktu ini penting sebab dapat membuat konsumen segera mendapatkan promosi tersebut sehingga tidak ketinggalan. Jika promosi Anda tidak ada batas waktunya, konsumen tidak akan merasa urgent untuk segera mendapatkan promosinya.


Selain batasan waktu, batasan lainnya yang dapat digunakan adalah jumlah penerima promosi. Sebagai contoh, diskon X% untuk X pembeli pertama. Batasan jumlah penerima promosi juga dapat membuat konsumen berlomba-lomba untuk segera mendapatkan promosinya.


3. Manfaatkan internet

Zaman sekarang segalanya serba internet. Setiap harinya, orang-orang pasti menggunakan internet. Anda bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk berpromosi lewat internet. Dengan berpromosi lewat internet, Anda bisa menjangkau konsumen secara lebih luas.


Jika Anda hendak berpromosi lewat internet, Anda bisa menggunakan Pasangiklan.com. Di Pasangiklan.com, ada tiga jenis iklan yang tayang secara daring di internet, yakni iklan digital, iklan Instagram, dan iklan advertorial.


Iklan digital adalah iklan dalam bentuk banner yang tayang pada website media grup Kompas Gramedia. Iklan Instagram adalah iklan dalam bentuk feed atau story yang tayang pada akun Instagram grup Kompas Gramedia. Iklan advertorial adalah iklan dalam bentuk artikel yang tayang pada website media grup Kompas Gramedia.


4. Tetapkan pembelian minimum

Selain batasan waktu dan batasan jumlah penerima promosi, hal lain yang dapat membuat konsumen berlomba-lomba berusaha mendapatkan promosi adalah dengan adanya ketentuan pembelian minimum. Misalnya, diskon X% untuk pembelian minimum Rpxxxxx. 


Dengan adanya ketentuan pembelian minimum, konsumen akan berlomba-lomba untuk segera mendapatkan promosinya. Mereka rela keluar uang lebih demi memenuhi ketentuan pembelian minimum sehingga mereka bisa mendapatkan promosinya.


5. Bekerja sama dengan influencer

Halaman: 2
TAG:
promosi
tips promosi
bisnis