5 Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi

content
Inspirasi UMKM

22/12/2021

Pandemi Covid-19 memang membuat perekonomian lesu. Namun, itu bukan berarti Anda tidak bisa memulai bisnis di tengah pandemi. Anda tetap bisa, kok, berbisnis di masa pandemi sehingga bisa menambah pemasukan. Bagaimana tips memulai bisnis di masa pandemi? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Mulai dari yang Anda suka

Tips memulai bisnis di masa pandemi yang pertama ialah berbisnis dari hal yang Anda suka. Kedengarannya sepele, akan tetapi menjalankan bisnis di bidang yang Anda sukai sangatlah penting. Dengan menjalankan bisnis di bidang yang Anda sukai, Anda akan lebih bersemangat dan jalannya akan lebih mudah. Anda tidak akan merasakannya sebagai beban karena Anda melakukan apa yang Anda sukai.


Pun dengan menjalankan bisnis di bidang yang Anda sukai, Anda akan lebih leluasa untuk melakukan eksplorasi dan mengembangkan ide-ide bisnis untuk memaksimalkan potensi bisnis Anda.


2. Coba model bisnis waralaba

Bila Anda masih pemula dalam dunia bisnis, Anda dapat mencoba model bisnis waralaba atau franchise. Salah satu keuntungan model bisnis waralaba adalah Anda akan mendapatkan dukungan bisnis yang sudah jadi dan siap pakai.


Daripada harus merintis bisnis sendiri dari awal, mencoba model bisnis waralaba tentu lebih menguntungkan. Keuntungan lain dari model bisnis waralaba adalah Anda dapat mengurangi risiko kerugian sebab ada mentor bisnis yang akan membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.


Saat memilih untuk mencoba model bisnis waralaba, Anda tidak perlu khawatir dengan kegiatan pemasaran sebab pemilik waralaba (franchisor) akan membantu Anda dalam kegiatan pemasaran. Agar produk yang Anda jual mudah laku, ada baiknya Anda mencoba model bisnis waralaba dengan brand yang sudah dikenal banyak orang.


3. Kreatif dalam membuat merek

Sekecil apa pun bisnis yang Anda jalani, jangan lupakan merek. Merek harus dibuat sekreatif mungkin dan yang paling penting mudah diingat. Kalau merek produk Anda mudah diingat, maka pemasaran secara word of mouth juga lebih mudah dilakukan sebab orang-orang tidak kesusahan dalam menyebutkan merek produk Anda. 


Merek yang baik adalah merek yang unik, kreatif, mengandung sisi emosi, dan yang terpenting, belum dipakai pihak lain. Kalau Anda sudah menetapkan merek produk Anda, saatnya memperkenalkan merek produk Anda ke konsumen. Bagaimana caranya? Cara paling mudah ialah melalui media sosial.


Jika Anda ingin memperkenalkan merek produk Anda melalui media sosial, Anda dapat beriklan Instagram di Pasangiklan.com. Ada dua jenis iklan Instagram di Pasangiklan.com, yakni iklan dalam bentuk feed dan iklan dalam bentuk story. Iklan dalam bentuk feed akan tayang selama 7 hari, sedangkan iklan dalam bentuk story akan tayang selama 24 jam.


Iklan Instagram di Pasangiklan.com akan tayang di akun @grid_id, @majalah_bobo, @bolasport, @hai_online, @idea_online, @tabloidnovaofficial, dan masih banyak lagi. Harga beriklan Instagram di Pasangiklan.com cukup terjangkau, yakni mulai Rp100.000.


4. Fokus dengan satu bisnis

Setiap orang tentu ingin memperoleh keuntungan yang besar dari bisnisnya. Hal itu sah-sah saja. Akan tetapi, terkadang keinginan tersebut membuat orang salah mengambil keputusan, misalnya keputusan untuk menjalankan lebih dari satu bisnis. Padahal, dengan banyaknya bisnis yang dijalani, risiko pun makin tinggi.

Halaman: 2
TAG:
bisnis
memulai bisnis
pandemi