5 Cara Menentukan Strategi Pemasaran yang Tepat

content
Edukasi UMKM

29/06/2022

Bisnis tidak dapat dilepaskan dari kegiatan pemasaran. Lewat kegiatan pemasaran, bisnis Anda akan makin dikenal luas. Pada kegiatan pemasaran, ada yang namanya strategi pemasaran, yakni serangkaian rancangan yang bertujuan untuk memasarkan suatu produk kepada masyarakat agar produk dapat terjual dan menghasilkan keuntungan yang maksimal. 


Lantas, seperti apa cara menentukan strategi pemasaran yang tepat? Simak ulasan di bawah ini.


1. Lakukan riset pasar

Cara menentukan strategi pemasaran yang tepat yang pertama adalah melakukan riset pasar. Ya, sebagai langkah awal, Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar adalah penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan penelitian, pengumpulan data, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian.


Riset pasar penting dilakukan agar Anda mengetahui seperti apa kondisi di pasaran jika Anda ingin menerapkan strategi pemasaran tertentu. Riset pasar juga penting dilakukan untuk mengetahui perilaku konsumen. 


Riset pasar pun dapat digunakan untuk mengetahui besaran tingkat permintaan. Dengan demikian, pebisnis tahu kapan permintaan pasar akan tinggi dan kapan permintaan pasar akan menurun.


Riset pasar dapat dilakukan dengan beberapa cara, yakni sebagai berikut.

  • Melalui penyebaran kuesioner yang sesuai dengan target pasar dan tujuan riset pasar.
  • Riset grup dengan mengumpulkan sekelompok target pasar utama dan menyampaikan informasi mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan dan menyampaikan kelebihan dan kekurangan produk atau jasa itu.
  • Observasi, biasanya dilakukan dengan sukarela dan acak dalam pemilihan responden. Cara ini dilakukan untuk melihat perilaku dari konsumen.

2. Analisis segmen pelanggan perusahaan

Cara menentukan strategi pemasaran yang tepat yang kedua adalah menganalisis segmen pelanggan perusahaan. Untuk melakukan cara yang kedua ini, Anda bisa memanfaatkan hasil dari cara yang pertama, yakni riset pasar.

Halaman: 2 3
TAG:
cara
strategi pemasaran
bisnis