4 Hal yang Harus Dipersiapkan Pebisnis pada Ramadan

content
Inspirasi UMKM

13/04/2022

1. Buat dekorasi dengan tema Ramadan

Hal pertama yang harus dipersiapkan pebisnis pada Ramadan adalah membuat dekorasi dengan teman Ramadan. Dekorasi dengan tema Ramadan akan membuat pemandangan menjadi lebih menarik sehingga konsumen pun lebih tertarik untuk membeli.


Kalau Anda mempunyai toko atau kafe atau restoran, Anda dapat mendekorasi toko, kafe, dan restoran Anda dengan tema Ramadan. Anda bisa melakukannya dengan memasang poster atau banner. Carilah gambar-gambar bertema Ramadan yang dapat Anda pasang pada poster atau banner. Gambar-gambar bertema Ramadan, antara lain masjid, bedug, ketupat, dan kurma.


Desainlah dengan baik poster atau banner tersebut. Kalau perlu, mintalah bantuan kepada orang yang ahli dalam bidang desain grafis. Ini agar nantinya hasil poster atau banner tersebut bagus. Jika hasilnya bagus, Anda tentu akan senang, bukan? Toko, kafe, atau restoran Anda pun menjadi terlihat lebih menarik yang pada akhirnya dapat menarik konsumen.


Jika Anda mempunyai website bisnis, coba Anda juga dekor halaman website Anda dengan dekorasi bertema Ramadan.


2. Siapkan promo

Agar bisnis Anda makin dikenal selama Ramadan, Anda dapat menyiapkan promo selama Ramadan. Ingat, menentukan promosi apa yang hendak dibuat tidak boleh sembarangan, tetapi harus dibuat dengan hati-hati dan cermat. Jangan sampai nantinya Anda rugi. Contoh promosinya adalah potongan harga, paket bundling, dan gratis ongkos kirim alias ongkir.


Selain memberikan promo-promo, jangan lupa juga untuk mempromosikan bisnis Anda selama Ramadan. Kalau Anda ingin mempromosikan bisnis Anda selama Ramadan, Anda dapat melakukannya pada Pasangiklan.com. Selama Ramadan, Pasangiklan.com punya promosi khusus, yakni bundling iklan Instagram mulai dari Rp100.000 per akun untuk Anda yang punya usaha di bidang beauty and lifestyle, food and beverage, gift & hampers.


Tidak perlu mahal, Pasangiklan.com punya dua harga untuk tiap paket kategori, yaitu harga reguler dan harga spesial. Apa, sih, bedanya? Untuk harga reguler, UMKM Anda berhak kita promosikan dalam satu post dedicated khusus untuk UMKM Anda sendiri, sedangkan untuk harga spesial, kita akan mem-posting promosi UMKM Anda bersama UMKM di kategori yang sama dalam format Instagram carousell (satu post untuk 5 UMKM).


Untuk paket iklan Instagram beauty and lifestyle, harga regulernya adalah Rp2.500.000, sedangkan harga spesialnya adalah Rp500.000. Untuk paket iklan Instagram food and beverage, harga regulernya adalah Rp2.500.000, sedangkan harga spesialnya adalah Rp500.000. Untuk paket iklan Instagram gift & hampers, harga regulernya adalah Rp2.900.000, sedangkan harga spesialnya adalah Rp580.000. Harga spesial berlaku untuk lima UMKM/post.

Yuk, segera daftarkan UMKM Anda di  https://bit.ly/PasagiklanRamadhan 


3. Siapkan dana khusus untuk tunjangan hari raya (THR) karyawan

Hal yang perlu disiapkan pebisnis pada Ramadan yang ketiga adalah dana khusus untuk THR karyawan. Ya, Anda jangan sampai melupakan THR karyawan. Sebagai seorang owner yang memiliki karyawan, sudah menjadi kewajiban Anda untuk membayarkan THR karyawan. 


Kalau Anda sampai lupa membayarkannya, karyawan Anda tentu merasa kecewa. Jadi, sekali lagi, jangan sampai Anda lupa membayarakn THR karyawan. THR umumnya dibayarkan seminggu sebelum Lebaran. Untuk karyawan yang sudah bekerja di atas 12 bulan, ia berhak mendapatkan THR sebesar gaji 1 bulan.


4. Siapkan fisik

Halaman: 2
TAG:
pebisnis
Ramadan