5 Tips Melakukan Promosi pada Media Sosial

content
Inspirasi UMKM

12/01/2022

Zaman sekarang, rata-rata orang pasti punya media sosial. Mereka menggunakan media sosial untuk berbagi cerita keseharian, baik lewat gambar ataupun video. Media sosial memang tempatnya berbagi cerita, akan tetapi media sosial juga punya fungsi lain, yakni sebagai tempat untuk melakukan promosi. Seperti apa tips melakukan promosi pada media sosial? Simak di bawah ini.


1. Jangan membuat konten yang sama terus-menerus

Kreativitas adalah kunci untuk berpromosi pada media sosial. Dengan kreativitas, Anda dapat melahirkan ide-ide baru untuk pembuatan konten pada media sosial. Kalau konten yang Anda buat mirip-mirip, maka konsumen akan merasa bosan. Bisa-bisa, mereka tidak lagi tertarik terhadap konten Anda.


Oleh karena itu, Anda harus kreatif untuk melahirkan konten baru yang fresh yang belum pernah Anda buat sebelumnya. Ada beragam cara untuk melahirkan ide baru untuk pembuatan konten, salah satunya adalah dengan melihat konten yang dibuat kompetitor. Siapa tahu, dengan melihat konten yang dibuat kompetitor, terlintas pada pikiran Anda untuk mengembangkan konten tersebut ketika Anda membuat konten milik Anda.


Contoh konten yang tidak sama terus-menerus adalah misalkan hari ini Anda membuat konten dalam bentuk gambar, lalu keesokan harinya Anda membuat konten dalam bentuk video, lalu pada hari lainnya Anda membuat konten dalam bentuk infografik.


2. Gunakan gambar yang jelas

Tips melakukan promosi pada media sosial yang kedua ialah menggunakan gambar yang jelas. Konten pada media sosial adalah konten visual. Oleh karena itu, penggunaan gambar sangatlah penting. Ingat, gambar yang Anda unggah tidak boleh sembarangan. 


Gambar yang Anda unggah haruslah high resolution, tidak blur, cerah, dan jelas. Dengan demikian, konsumen bisa tahu dengan jelas seperti apa produk yang Anda jual. Kalau gambar yang Anda unggah kurang jelas, konsumen tidak bisa tahu dengan jelas seperti apa produk yang Anda jual. Bisa-bisa, mereka enggan melihat konten Anda.


Sebagai tambahan, Anda dapat memfoto produk Anda dari beberapa sudut agar kian nampak jelas seperti apa produk Anda. Untuk pencahayaan, Anda dapat menggunnakan cahaya alami, yakni matahari atau lampu khusus. 


3. Tulis takarir yang menarik

Selain gambar, konten pada media sosial tidak bisa dilepaskan dari takarir atau caption. Ketika berpromosi pada media sosial, Anda dituntut untuk membuat takarir yang menarik. Takarir yang menarik adalah takarir yang mampu membuat konsumen penasaran sehingga mereka mau berhenti sejenak dari kegiatan scrolling untuk membaca takarir Anda. Selain menarik, takarir Anda juga harus jelas dalam mendeskripsikan produk yang Anda jual.


Takarir dan gambar tidak dapat dipisahkan. Gambar tanpa takarir dan takarir tanpa gambar sangatlah tidak direkomendasikan. Agar konsumen bisa mengetahui dengan benar-benar jelas seperti apa produk yang Anda tawarkan, maka gambar harus dilengkapi takarir dan sebaliknya.


4. Gunakan tanda pagar (tagar)

Ya, tagar alias hashtag juga penting ketika Anda berpromosi pada media sosial. Pada media sosial Instagram misalnya, Anda dapat mencari tahu tagar tertentu sudah dipakai berapa kali. Dengan adanya tagar, konten yang Anda buat dapat lebih mudah ditemukan oleh konsumen. Makin banyak tagar yang Anda gunakan, makin mudah pula konten Anda ditemukan. Dengan adanya tagar pula, Anda dapat menjangkau konsumen secara lebih luas. Jadi, jangan lupa sertakan tagar, ya, tiap kali Anda menulis takarir. 


5. Tentukan tujuan yang ingin dicapai

Halaman: 2
TAG:
promosi
media sosial
Instagram