4 Bisnis yang Menjanjikan pada Ramadan

content
Inspirasi UMKM

06/04/2022

Apakah Anda ingin mendapatkan tambahan penghasilan selama bulan Ramadan? Kalau ya, Anda dapat mencoba keempat ide bisnis di bawah ini. Keempat ide bisnis tersebut merupakan bisnis yang menjanjikan pada Ramadan.


1. Bisnis fesyen

Setelah berpuasa selama sebulan penuh di bulan Ramadan, umat muslim memasuki Lebaran. Salah satu hal yang dilakukan sebelum memasuki Lebaran adalah berbelanja baju untuk dipakai nantinya pada Lebaran. Biasanya beberapa hari sebelum Lebaran, umat muslim akan berburu baju untuk dipakai pada Lebaran. Walaupun sebenarnya mereka masih punya baju lama, akan tetapi seakan sudah menjadi tradisi bahwa saat Lebaran memakai baju baru. Oleh karena itu, bisnis fesyen termasuk bisnis yang menjanjikan pada Ramadan.


Tentu saja bukan sembarang fesyen yang menjanjikan untuk dijual pada Ramadan. Fesyen yang dimaksud di sini adalah baju-baju muslim, seperti baju gamis, baju koko, dan hijab. Permintaan baju-baju muslim meningkat selama Ramadan. Oleh karenanya, akan sangat tepat jika Anda berbisnis baju-baju muslim pada Ramadan. Dengan promosi yang tepat, bisnis baju muslim Anda bisa laris manis.


2. Bisnis kuliner

Bisnis kuliner tidak ada matinya, termasuk pada Ramadan. Selama Ramadan, banyak orang yang berburu makanan dan minuman untuk disantap pada saat berbuka puasa ataupun pada saat sahur. Memang, sebenarnya mereka dapat memasak sendiri makanan dan minuman tersebut, akan tetapi beberapa orang memilih untuk membelinya agar praktis. Praktis di sini maksudnya mereka tidak perlu lagi memasak, melainkan langsung bisa menyantapnya. Oleh karena itu, bisnis kuliner termasuk bisnis yang menjanjikan pada Ramadan.


Bisnis kuliner seperti apa yang menjanjikan untuk dijual pada Ramadan? Anda dapat menjual nasi beserta lauk-pauknya. Anda juga dapat menjual makanan ringan yang berfungsi sebagai takjil pada saat berbuka puasa. Untuk minuman, Anda dapat menjual air mineral dalam kemasan atau es-es segar. Kalau Anda bingung makanan atau minuman apa yang harus Anda jual, cobalah melakukan riset terlebih dahulu. Tidak usah jauh-jauh saat melakukan riset. Anda bisa melakukan riset di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda. Coba Anda cari tahu, makanan dan minuman seperti apa yang disukai masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda.


Selain menjual nasi beserta lauk-pauk, makanan ringan, air mineral dalam kemasan, dan es-es segar, pada Ramadan, Anda juga dapat menjual kue-kue kering. Ya, kue kering sebab beberapa hari sebelum Lebaran, permintaan kue kering meningkat untuk disuguhkan pada Lebaran.

3. Alat-alat ibadah

Bulan Ramadan dimanfaatkan umat muslim untuk makin intens beribadah. Banyak umat muslim yang memanfaatkan momen Ramadan untuk makin mendekatkan diri kepada sang Pencipta. Jika biasanya, pada bulan non-Ramadan ibadahnya dirasa kurang, maka pada momen Ramadan ibadahnya ditingkatkan. Ini demi memenuhi kebutuhan rohani. Hal tersebut pada akhirnya membuat permintaan terhadap alat-alat ibadah meningkat. Oleh karena itu, bisnis alat-alat ibadah termasuk bisnis yang menjanjikan pada Ramadan.


Alat-alat ibadah apa saja yang cocok dijual pada Ramadan? Contohnya adalah sajadah, mukena, sarung, peci, hingga alquran. Anda dapat memilih untuk menjual hanya satu atau dua alat ibadah atau menjual semua. Tentu akan lebih baik apabila Anda menjual semua. Jadi, alat-alat ibadah Anda lengkap. 


4. Sembako

Pada Ramadan, permintaan sembako mengalami peningkatan. Banyak orang yang membeli sembako sebagai pelengkap untuk memasak makanan yang akan disantap pada saat berbuka puasa atau sahur. Pada hari-hari selama Ramadan, banyak orang yang berburu sembako. Oleh karena itu, bisnis sembako termasuk bisnis yang menjanjikan pada Ramadan.


Selain membeli sembako untuk pelengkap memasak, beberapa orang juga membeli sembako untuk dibagikan sebagai zakat. Lantas, sembako apa saja yang cocok untuk dijual pada Ramadan? Contohnya adalah beras, minyak goreng, dan gula. 


Sumber:

Halaman: 2
TAG:
bisnis
Ramadan