5 Tips Sukses Berbisnis dari Elon Musk

content
Edukasi UMKM

24/02/2022

Kian hari, kian banyak orang yang berkecimpung dalam dunia bisnis. Apakah Anda salah satunya? Setiap orang yang berbisnis tentu ingin sukses. Nah, Anda bisa meniru tips sukses berbisnis dari Elon Musk berikut ini. Elon Musk adalah pebisnis sukses pendiri SpaceX dan Tesla. 


1. Gemar membaca

Tips sukses berbisnis dari Elon Musk yang pertama adalah gemar membaca. Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, pengetahuan Anda pun akan bertambah dan wawasan Anda makin luas. Ini pula yang dilakukan Elon Musk. Ya, Elon Musk sangat gemar membaca. Bahkan, pada usia yang masih belia, Elon Musk sudah khatam seluruh Encyclopedia Britannica. 


Dengan membaca, Anda akan menemukan hal-hal baru yang dapat memberi ide baru bagi Anda untuk mengembangkan bisnis. Ide-ide baru tersebut lantas dapat Anda kembangkan menjadi inovasi bisnis sehingga bisnis Anda pun tidak stagnan. Ini pula yang terjadi pada Elon Musk. Berkat rajin membaca, Elon Musk selalu berhasil membawa inovasi pada bisnisnya.


Dengan membaca pula, siapa tahu Anda juga bisa menemukan kiat-kiat menghadapi kegagalan dalam berbisnis. Dari situ, Anda dapat menerapkannya jika bisnis Anda mengalami kegagalan.


2. Berani mengambil risiko pada usia muda

Mumpung masih muda, mumpung energinya masih banyak, Elon Musk menyarankan untuk berani mengambil risiko. Sekali-kali tidak apa untuk berani mengambil risiko. Jangan menunggu tua untuk berani mengambil risiko sebab makin tua makin banyak tanggung jawab yang diemban yang dapat menganggu ketika mengambil risiko. Ketika Anda tidak berani mengambil risiko pada usia muda, bisa-bisa saat tua nanti Anda akan menyesal.


Jangan takut untuk mengambil risiko. Asalkan segala sesuatunya sudah diukur dan dipertimbangkan masak-masak, sekali-kali tidak apa mengambil risiko. Siapa tahu bisnis Anda malah makin lancar ketika Anda berani mengambil risiko.


3. Berhenti mengeluh

Tips sukses berbisnis dari Elon Musk yang ketiga adalah berhenti mengeluh. Tidak ada gunanya mengeluh. Mengeluh hanya akan membuat bisnis Anda stagnan, tidak maju-maju. Daripada Anda mengeluh karena, misalnya bisnis Anda mengalami kegagalan, lebih baik Anda mencari solusi untuk mengatasi kegagalan tersebut.


Suka mengeluh bukanlah ciri pebisnis yang baik. Mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah. Masalah tidak akan pergi dengan Anda mengeluh. Masalah masih tetap ada sekalipun Anda mengeluh. Oleh karena itu, daripada waktu Anda terbuang sia-sia untuk mengeluh, lebih baik gunakan waktu Anda untuk mencari ide-ide baru untuk pengembangan bisnis Anda. Dengan demikian, waktu Anda tidak akan terbuang sia-sia sebab Anda melakukan kegiatan yang bermanfaat.


4. Memberikan umpan balik atas kritik dan saran dari pelanggan

Pelanggan merupakan elemen penting dalam bisnis. Tanpa pelanggan, bisnis Anda tidak akan bisa laku. Oleh karenanya, kritik dan saran dari pelanggan amatlah penting demi kemajuan bisnis Anda. Setelah mendapat kritik dan saran dari pelanggan, Anda dapat memberikan umpan balik dengan memperbaiki bidang yang diberi kritik dan saran dari pelanggan. Contoh umpan balik yang lain adalah meningkatkan layanan.


Berbicara mengenai kritik, Elon Musk menyarankan agar Anda tidak perlu takut terhadap kritik sebab kritik dapat membuat bisnis Anda maju dan berkembang. Janggan anggap kritik sebagai momok, melainkan sebagai pendorong agar bisnis Anda makin berkembang serta demi meningkatkan layanan.


5. Berani sukses = berani gagal

Halaman: 2
TAG:
tips
bisnis
sukses
Elon Musk