5 Tips Berbisnis Toko Buku Online

content
Edukasi UMKM

29/04/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Bidang bisnis bermacam-macam. Salah satunya adalah toko buku online. Seperti apa tips berbisnis toko buku online? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Tentukan jenis buku yang dijual

Tips berbisnis toko buku online yang pertama adalah menentukan jenis buku yang dijual. Ya, sebagai seorang pebisnis toko buku online, Anda harus dapat menentukan dengan tepat jenis buku yang dijual. Penentuan jenis buku yang dijual tidak bisa dilakukan sembarangan, akan tetapi harus cermat dan hati-hati.


Sebelum menentukan jenis buku yang dijual, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Pelaksanaan riset dapat berangkat dari lingkungan tempat tinggal Anda. Cobalah melakukan riset, kira-kira buku seperti apa yang disukai oleh masyarakat di lingkungan tempat tinggal Anda. Setelah melakukan riset dan mendapat hasilnya, maka Anda bisa menyediakan buku yang memang dibutuhkan dan disukai oleh masyarakat di lingkungan tempat tinggal Anda.


Pastikan bahwa buku yang Anda jual punya banyak peminat. Kalau peminatnya sedikit, nanti toko buku online Anda tidak laris. Jadi, supaya laris, sekali lagi pastikan bahwa buku yang Anda jual punya banyak peminat. 


2. Membuat website

Namanya saja toko buku online. Jadi, sebagai pebisnis toko buku online, Anda harus mempunyai website. Ya, sebagai pebisnis online, mempunyai website adalah hal penting demi memudahkan transaksi. Apabila Anda tidak mampu membuat website, cobalah minta bantuan ke kerabat atau teman Anda yang jago membuat website.


Pada website tersebut nantinya Anda dapat memasang foto dan keterangan dari buku-buku yang Anda jual. Karena Anda berjualan buku, jangan lupa sertakan pula sinopsisnya. Usahakan foto buku yang Anda unggah pada website adalah foto yang jelas, tidak blur, dan high resolution


Selain sebagai wadah untuk memajang buku-buku yang Anda jual, pada website yang Anda buat sertakan bagian di mana konsumen dapat melakukan transaksi.


3. Hubungi penerbit

Tips berbisnis toko buku online yang ketiga adalah menghubungi penerbit. Namanya saja berbisnis toko buku. Jadi, Anda memang harus berhubungan dengan penerbit sebab penerbitlah yang nantinya memasok buku yang Anda jual. 


Ada beberapa penerbit yang terhimpun dalam satu grup besar, penerbit Kompas Gramedia misalnya. Biasanya, penerbit yang terhimpun dalam satu grup besar tersebut mempunyai distributor yang sama. Anda hanya perlu menghubungi distributor tersebut dan memilih ingin membeli buku dari penerbit yang mana.


4. Lakukan promosi secara online

Tips berbisnis toko buku online yang keempat adalah melakukan promosi secara online. Nama saja toko buku online. Jadi, akan lebih afdal apabila promosi yang dilakukan juga secara online


Salah satu cara untuk mempromosikan buku yang Anda jual secara online adalah melalui Instagram. Buatlah satu akun khusus untuk toko buku online Anda. Unggahlah foto-foto buku yang Anda jual pada akun Instagram tersebut. Jangan lupa sertakan juga caption atau takarir yang menarik.

Halaman: 2
TAG:
tips
bisnis
toko buku
online

Artikel Lainnya

content
Edukasi UMKM

02/02/2022

5 Tips Berbisnis Pakaian

content
Pasangiklan

29/03/2022

Promo Ramadan Pasangiklan.com

content
Edukasi UMKM

27/01/2022

5 Tips Sukses Berbisnis dari Jeff Bezos

Lihat artikel lainnya