9 Tips Membuat Proposal Usaha yang Dapat Menggaet Investor

content
Edukasi UMKM

21/07/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Dalam berbisnis, khususnya usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dan perusahaan rintisan, Anda tentu ingin bisnis Anda dilirik investor sehingga investor mau menanamkan modalnya terhadap bisnis Anda.


Untuk dapat memperoleh investor, Anda harus membuat proposal usaha. Seperti apa tips membuat proposal usaha yang dapat menggaet investor? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Buatlah bab pendahuluan

Tips membuat proposal usaha yang dapat menggaet investor yang pertama adalah membuat bab pendahuluan. Ya, langkah awal dalam membuat proposal usaha adalah membuat bab pendahuluan.

Salah satu hal yang ada pada bab pendahuluan adalah latar belakang. Ya, latar belakang usaha Anda. Anda dapat menceritakan tentang awal mula berdirinya usaha Anda atau dengan kata lain penjelasan mengenai bagaimana Anda memulai usaha Anda. Anda juga dapat menceritakan suka duka dalam membangun usaha hingga usaha Anda bisa berdiri. Pun Anda dapat menceritakan alasan Anda mendirikan usaha Anda. Ceritakan dengan lengkap dan mendetail agar investor punya gambaran yang jelas tentang usaha Anda. Makin lengkap dan mendetail, maka makin bagus.

Selain latar belakang, hal lain yang juga ada pada bab pendahuluan adalah visi dan misi perusahaan. Ya, sebagai seorang pebisnis, Anda harus punya visi dan misi perusahaan. Sama seperti latar belakang, uraikan visi dan misi perusahaan dengan lengkap dan mendetail agar, sekali lagi, investor mempunyai gambaran yang jelas tentang perusahaan Anda.

2. Buatlah profil badan usaha

Tips membuat proposal usaha yang dapat menggaet investor yang kedua adalah membuat profil badan usaha. Setelah Anda membuat bab pendahuluan, kini saatnya Anda membuat profil badan usaha.

Terdapat tiga hal yang harus ada pada profil badan usaha, yakni jenis usaha, nama perusahaan, dan lokasi perusahaan. Seperti pada poin sebelumnya, uraikan ketiga hal tersebut dengan lengkap dan mendetail.

Salah satu fungsi membuat profil badan usaha adalah agar investor tahu usaha Anda bergerak pada bidang apa. Dari situ, investor dapat menggali seberapa besar potensi usaha Anda di pasaran.

3. Tulislah produk usaha

Tips membuat proposal usaha yang dapat menggaet investor yang ketiga adalah menulis produk usaha. Setelah Anda membuat bab pendahuluan dan profil badan usaha, kini saatnya Anda menulis produk usaha. Produk bisa berupa barang dan jasa.

Hal-hal penting yang harus ada pada penulisan produk usaha adalah jenis produk, cara pembuatannya, dan keunggulan produk. Itu bila produk Anda adalah barang. Jika produk Anda adalah jasa, Anda tidak perlu menyertakan cara pembuatan. Uraikan dengan lengkap dan mendetail hal-hal penting tersebut. Ini agar investor mempunyai gambaran yang jelas tentang produk Anda. 

Penulisan produk usaha termasuk poin penting dalam pengambilan keputusan investor apakah investor mau menanamkan modalnya terhadap usaha Anda atau tidak. Investor tentu lebih tertarik untuk menanamkan modal terhadap usaha yang produknya memiliki keunggulan dibandingkan produk lain.

4. Buatlah target pasar

Halaman: 2 3
TAG:
tips
proposal usaha
investor
bisnis