5 Tips Berjualan bagi Pebisnis UMKM

content
Edukasi UMKM

30/12/2021

Bisnis usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) kian menjamur. Di sekitar Anda, banyak dijumpai pebisnis UMKM. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, Anda wajib membaca artikel ini sebab artikel ini membahas tentang tips berjualan bagi pebisnis UMKM.


1. Kenali keunikan produk

Tips berjualan bagi pebisnis UMKM yang pertama adalah mengenali keunikan produk. Mengenali keunikan produk memang penting sebab keunikan itulah yang membedakan Anda dari kompetitor. Tanpa keunikan produk, produk Anda tidak bisa unggul jika dibandingkan dengan kompetitor. Mungkin, produk Anda mirip dengan produk kompetitor. Namun, selama produk Anda punya keunikan, produk Anda akan lebih unggul dibandingkan kompetitor.


Keunikan produk juga penting karena itulah yang dapat membuat Anda siap bersaing dengan kompetitor. Tanpa keunikan produk, produk Anda akan menjadi biasa-biasa saja di mata konsumen. Oleh karena itu, sangatlah penting membuat produk yang mempunyai keunikan. Keunikan produk dapat Anda eksplorasi lebih lanjut sehingga benar-benar unggul dan punya nilai jual yang tinggi di mata konsumen.


2. Pelajari data penjualan

Sebagai seorang pebisnis, Anda tentu mempunyai data-data terkait transaksi yang terjadi. Salah satunya adalah data penjualan. Lewat data penjualan, Anda akan mengetahui, misalnya berapa produk Anda yang terjual, produk apa saja yang terjual, serta keuntungan yang didapatkan.


Anda perlu mempelajari data penjualan tersebut agar Anda tahu sejauh mana penjualan produk Anda. Setelah mempelajarinya, Anda bisa melakukan evaluasi untuk ke depannya agar produk Anda tetap bisa laris terjual.


3. Optimalkan word of mouth

Word of mouth merupakan teknik pemasaran yang paling mudah. Orang memakai produk Anda, lalu karena dia senang, dia menceritakannya kepada orang lain. Orang lain yang diberitahu tersebut pada akhirnya juga turut memakai produk Anda.


Kunci dari word of mouth tak lain dan tak bukan adalah dari produk itu sendiri. Jika produknya berkualitas, orang akan senang dan dengan semangat ia tak ragu menceritakannya kepada orang lain. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kualitas produk Anda. Penting bagi Anda untuk memastikan bahwa produk yang terjual adalah produk yang memang benar-benar berkualitas.


4. Tarik pelanggan dengan promo

Siapa yang tidak suka promo? Bagi orang yang gemar belanja, promo merupakan hal yang dinanti-nanti. Dengan adanya promo, dia akan menjadi lebih bersemangat lagi saat belanja. 


Agar pelanggan Anda makin banyak, Anda dapat mengadakan promo. Dengan mengadakan promo, peluang produk Anda terbeli makin besar sehingga bisa menambah keuntungan bagi bisnis Anda. Ada beragam cara berpromosi. Simak selengkapnya di bawah ini.


Memberikan potongan harga

Ketika hendak membeli suatu barang, konsumen tentu melihat harga terlebih dahulu. Jika harga sesuai dengan bujet mereka, mereka akan membelinya. Jika tidak sesuai dengan bujet, mereka tidak akan membelinya. 

Halaman: 2 3
TAG:
bisnis
UMKM
usaha mikro
usaha kecil
usaha menengah
jualan