4 Tips Promosi Bisnis dengan Modal Kecil

content
Edukasi UMKM

30/03/2022

Bisnis tidak dapat dipisahkan dari yang namanya promosi. Lewat promosi, bisnis Anda bisa makin dikenal luas. Lalu, bagaimana melakukan promosi jika modal Anda kecil? Simak tips promosi bisnis dengan modal kecil di bawah ini.


1. Fokus menguatkan branding (produk dan pelaku)

Tips promosi bisnis dengan modal kecil yang pertama adalah fokus menguatkan branding. Branding penting untuk dikuatkan agar konsumen makin mengenal dan mengetahui produk Anda. Dengan branding yang kuat, kemungkinan produk Anda terbeli makin besar. Sebaliknya, tanpa branding yang kuat, hanya sedikit orang yang mengetahui produk Anda sehingga kemungkinan produk Anda terbeli kecil.


Salah satu cara untuk menguatkan branding adalah dengan membuat nama merek yang mudah diingat orang. Merek yang mudah diingat orang membuat produk Anda mudah diingat pula oleh orang. Anda boleh mencari nama merek sekreatif mungkin. Namun, perlu diingat bahwa nama merek tersebut akan lebih baik jika mudah diingat.


Selain fokus menguatkan branding produk, hal lain yang juga penting untuk dikuatkan adalah pelaku. Ya, Anda sebagai pelaku. Fokus menguatkan branding pelaku di sini maksudnya adalah perilaku Anda terhadap pelanggan. Anda harus bisa melayani pelanggan dengan baik. Ketika mereka bertanya tentang detail produk Anda, Anda pun harus bisa menjelaskan dengan baik. Percuma kalau produk Anda bagus, akan tetapi perilaku Anda kepada konsumen kurang memuaskan.


2. Manfaatkan media sosial

Zaman sekarang, zamannya media sosial. Hampir setiap orang punya akun media sosial untuk berbagi cerita keseharian mereka. Zaman sekarang, media sosial tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk berbagi cerita keseharian, tetapi juga untuk melakukan promosi.


Ya, kalau modal Anda kecil, tetapi Anda masih ingin melakukan promosi, Anda bisa melakukannya pada media sosial. Anda bisa memulainya dengan berpromosi pada akun media sosial Anda. Gunakalah foto yang bagus. 


Setelah menyiapkan foto yang bagus, Anda harus membuat takarir atau caption yang menarik. Jika foto dan takarir sudah siap, Anda tinggal mengunggahnya ke akun media sosial Anda. Selain foto produk, agar lebih bervariasi, Anda dapat juga mengunggah video atau infografik.


Jika Anda ingin mengiklankan produk Anda pada media sosial, Anda dapat melakukannya melalui iklan Instagram pada Pasangiklan.com. Ada dua jenis iklan Instagram di Pasangiklan.com, yakni iklan dalam bentuk feed dan iklan dalam bentuk story. Iklan dalam bentuk feed akan tayang selama 7 hari, sedangkan iklan dalam bentuk story akan tayang selama 24 jam.


Iklan Instagram di Pasangiklan.com akan tayang di akun @grid_id, @majalah_bobo, @bolasport, @hai_online, @idea_online, @tabloidnovaofficial, dan masih banyak lagi. Harga beriklan Instagram di Pasangiklan.com cukup terjangkau, yakni mulai Rp100.000.


3. Bagikan informasi, jangan melulu jualan

Tips promosi bisnis dengan modal kecil yang ketiga adalah membagikan informasi, jangan melulu jualan produk. Ini maksudnya dilakukan pada platform media sosial. Ya, posting-an Anda hendaknya jangan melulu jualan produk. Sesekali, buatlah posting-an tentang informasi yang informatif dan edukatif. 


Pelanggan mungkin akan merasa bosan jika Anda terus-menerus membuat konten tentang jualan produk. Kalau sudah bosan, bisa-bisa mereka akan meng-unfollow Anda. Sangat disayangkan, bukan? Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, sesekali, Anda perlu membuat konten yang bukan merupakan jualan produk, tetapi konten yang informatif dan edukatif. Salah satu cara untuk membuat konten yang informatif dan edukatif adalah melalui infografik.


4. Kemas materi sebaik mungkin

Halaman: 2
TAG:
tips
promosi
bisnis
modal kecil