Punya Hobi Jalan-Jalan? Yuk, Berbisnis Travel!

content
Inspirasi UMKM

20/04/2022

Kian hari, kian banyak orang yang menekuni dunia bisnis. Bidang bisnis bermacam-macam. Salah satunya bisnis travel. Seperti apa tips berbisnis travel? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Pilih jenis usaha travel yang ingin Anda jalankan

Tips berbisnis travel yang pertama adalah memilih jenis usaha travel yang ingin Anda jalankan. Ada banyak jenis usaha travel. Lebih baik Anda memilihnya agar perhatian Anda bisa lebih fokus nantinya dalam menjalankan bisnis Anda sehingga Anda tidak keteteran Dengan lebih fokus, Anda bisa menjalankan bisnis dengan lebih baik. Dengan lebih baik dalam menjalankan bisnis, bisnis Anda pun akan makin lancar nantinya.


Apa saja jenis usaha travel? Ada penjualan tiket pesawat terbang, penjualan tiket kereta api, penjualan tiket bus, penjualan voucer hotel, penjualan paket perjalanan wisata, sewa kendaraan beserta sopir, dan pengurusan visa dan paspor. Memang sangat beragam jenis usaha travel. Dari beragamnya jenis usaha travel tersebut, sebagai langkah awal, Anda lebih baik memilih satu terlebih dahulu. Nanti, kalau bisnis travel Anda sudah berkembang, Anda dapat mencoba jenis usaha travel yang lain.


2. Buat profil bisnis travel Anda

Tips berbisnis travel yang kedua adalah membuat profil bisnis travel Anda. Buatlah profil bisnis travel Anda selengkap, sejelas, dan semenarik mungkin agar menarik konsumen untuk menggunakan jasa bisnis travel Anda. Lagipula, kredibilitas bisnis dipengaruhi oleh profesionalitas pada profil yang tertera. Jadi, ingat, buatlah profil dengan sebagus mungkin. Jangan lupa cantumkan juga kelebihan bisnis travel Anda pada profil bisnis travel yang Anda buat.


Agar makin menarik, lengkapi profil tersebut dengan gambar dan animasi sehingga tidak hanya tulisan. Dengan demikian, konsumen tidak akan merasa bosan membaca profil Anda. Bila Anda tidak bisa menambahkan gambar dan animasi, Anda bisa meminta bantuan kepada kerabat Anda yang jago dalam bidang desain grafis.


3. Petakan lokasi wisata

Khusus bagi Anda yang memilih jenis usaha travel berupa penjualan paket perjalanan wisata, tips ketiga ini sangat penting, yakni memetakan lokasi wisata yang jadi target Anda. Jenis wisata bermacam-macam. Ada wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner, dan wisata buatan manusia, seperti taman hiburan.


Untuk bisa memetakan lokasi wisata, Anda harus tahu dulu wisata jenis apa yang akan Anda geluti. Untuk bisa memilih jenis wisata yang tepat, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Cobalah melakukan riset kecil-kecilan di sekitar tempat tinggal Anda. Kira-kira, masyarakat di sana suka berwisata ke mana. Dari situ, Anda nantinya dapat membuat paket wisata yang tepat. 


4. Buatlah nama bisnis travel yang mudah diingat

Tips berbisnis travel yang keempat adalah membuat nama bisnis travel yang mudah diingat. Ya, dengan membuat nama bisnis travel yang mudah diingat, besar kemungkinan konsumen selalu mengingat bisnis travel Anda ketika mereka memerlukan hal di bidang travel. 


Nama yang mudah diingat adalah nama yang tidak terlalu panjang, menarik, dan tidak pasaran. Untuk bisa menentukan dengan tepat nama bisnis travel Anda, Anda harus melakukan utak-atik kata selama beberapa kali. Tekunilah proses tersebut hingga Anda bisa menemukan nama yang bagus untuk bisnis travel Anda.


5. Daftarkan merek bisnis travel Anda

Tips berbisnis travel yang terakhir adalah mendaftarkan merek bisnis travel Anda. Mendaftarkan di sini maksudnya adalah mendaftarkannya pada hak kekayaan intelektual (HKI). Dengan demikian, Anda mempunyai kuasa penuh atas merek bisnis travel Anda. 

Halaman: 2
TAG:
tips
bisnis
travel
hobi jalan-jalan