Berbisnis Properti dengan Modal Kecil? Bisa, kok!

content
Inspirasi UMKM

06/05/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Bidang bisnis bermacam-macam. Salah satunya adalah properti. Seperti apa tips berbisnis properti dengan modal kecil? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Buat situs jual beli properti

Tips berbisnis properti dengan modal kecil yang pertama adalah membuat situs jual beli properti. Zaman sekarang, zamannya serba internet. Segala sesuatu bisa dilakukan secara online. Sebagai seorang pebisnis, termasuk pebisnis properti, Anda harus mampu beradaptasi dengan situasi tersebut.


Salah satu bentuk adaptasi yang dapat Anda lakukan adalah membuat situs atau website untuk berjualan dan membeli properti. Ini demi memudahkan konsumen yang tertarik membeli properti yang Anda jual. Dengan adanya situs, transaksi jual beli dapat dilakukan dengan lebih mudah dan praktis. Dengan adanya situs, transaksi jual beli dapat dilakukan dengan lebih cepat.


Apabila Anda tidak mahir membuat situs jual beli properti tersebut, Anda dapat meminta bantuan kepada kerabat atau teman Anda yang mahir membuat situs. Anda pun bisa berdiskusi dengan mereka mengenai pengelolaan situs agar makin memudahkan konsumen yang hendak membeli properti yang Anda jual.


2. Kelola situs secara profesional

Tips berbisnis properti dengan modal kecil yang kedua adalah mengelola situs jual beli properti secara profesional. Ketika Anda sudah membuat situs jual beli properti, entah itu Anda buat sendiri atau meminta bantuan kerabat atau teman Anda, kini, waktunya Anda mengelola situs tersebut secara profesional.


Bagaimana cara mengelola situs jual beli properti secara profesional? Salah satu caranya adalah dengan memasang foto properti yang jelas. Jelas di sini maksudnya adalah foto tidak blur dan high resolution. Lalu, di bawah atau di samping foto tersebut, Anda taruh keterangan yang jelas mengenai properti yang bersangkutan. Dengan demikian, konsumen mempunyai gambaran yang jelas mengenai properti yang Anda jual.


Hal lain yang tidak kalah penting adalah foto properti harus sesuai dengan keadaan aslinya. Jangan terlalu banyak mengedit foto sebab nantinya foto tersebut malahan tidak sesuai dengan keadaan aslinya. Biarkanlah foto tersebut dalam kondisi apa adanya.


3. Jadi agen properti secara mandiri

Tips berbisnis properti dengan modal kecil yang ketiga adalah menjadi agen properti secara mandiri. Secara mandiri di sini maksudnya adalah Anda tidak perlu bergabung dengan perusahaan properti milik orang lain. Anda melakukannya secara mandiri, atas nama Anda sendiri.


Sebagai agen properti mandiri, Anda perlu mencari properti yang akan dijual. Jika Anda sudah menemukannya, Anda perlu menemui pemilik properti dan bilang kepadanya bahwa Anda akan membantu menjual properti miliknya. Anda pun perlu memberitahu pemilik properti tentang strategi penjualan yang akan Anda lakukan.


Jika Anda dan pemilik properti sudah sepakat, selanjutnya Anda perlu mengiklankan properti yang bersangkutan. Iklannya dapat berupa iklan cetak atau iklan online. Nantinya, ketika Anda berhasil menjual properti yang bersangkutan, Anda akan memperoleh sejumlah komisi. Besarnya komisi tergantung kesepakatan di awal dengan pemilik properti.


4. Jadi agen properti perusahaan

Tips berbisnis properti dengan modal kecil yang keempat adalah menjadi agen properti perusahaan. Apabila Anda enggan menjadi agen properti secara mandiri, Anda bisa menjadi agen properti dengan bergabung dengan perusahaan properti milik orang lain.

Halaman: 2
TAG:
tips
bisnis
properti
modal kecil