Iklan Advertorial untuk Bisnis Kuliner

content
Pasangiklan

09/12/2021

Bisnis kuliner makin menjamur, termasuk bisnis kuliner berupa UMKM. Di sekitar Anda tentu banyak dijumpai orang-orang yang berjualan makanan atau minuman. Ada yang berjualan makanan ringan, ada pula yang berjualan makanan berat, seperti mi atau nasi beserta lauk-pauk. Para penjual minuman pun tak kalah banyak. Zaman sekarang, banyak penjual minuman kekinian, seperti kopi dan boba. 

Para penjual makanan atau minuman tersebut terbagi dalam dua kategori berdasarkan tempat jualan mereka, yakni berjualan di tempat dan berjualan secara daring. Bagi yang berjualan di tempat, mereka bisa berinteraksi langsung dengan pembeli. Sementara itu, bagi yang berjualan daring, interaksi dilakukan melalui internet.

Dalam berbisnis, termasuk bisnis kuliner, cara memasarkan produk merupakan hal yang penting. Jika Anda mampu memasarkan produk Anda dengan tepat, maka jualan Anda makin laris, Anda memperoleh keuntungan, dan bisnis Anda berjalan dengan lancar.

Salah satu cara untuk memasarkan produk adalah dengan beriklan. Terdapat banyak jenis iklan, yakni iklan digital, iklan baris, iklan TV, iklan Instagram, dan iklan advertorial. Salah satu jenis iklan yang cocok untuk bisnis kuliner adalah iklan advertorial. 

Apa itu iklan advertorial? Iklan advertorial adalah iklan dalam bentuk artikel. Disebut juga sebagai iklan dalam bentuk pemberitaan. Lewat iklan advertorial, pembaca akan mendapat informasi lebih lengkap dan jelas tentang suatu produk. Iklan advertorial berfungsi untuk menyatukan informasi dan pesan dengan menggunakan bahasa yang halus. Pembahasan pada iklan advertorial disampaikan dengan jelas, tegas, dan mudah dipahami.


Konsep iklan advertorial ada tiga, yakni

  • Format artikel relatif ringan
    Format iklan advertorial harus ringan, tidak terlalu panjang dengan muatan bahasa yang tidak terlalu padat. Jika terlalu panjang dan padat, pesan utama iklan advertorial tidak akan tersampaikan dengan baik.
  • Sampaikan dalam bahasa editorial
    Tulisan iklan advertorial harus dibuat layaknya berita. Sampaikan informasi secara tulus mengenai suatu produk agar pembaca mengerti tentang manfaat produk tersebut. Buat pembaca tidak sepenuhnya merasa bahwa artikel tersebut sebenarnya sekadar iklan.
  • Hindari bahasa pemasaran langsung
    Dalam iklan advertorial, bahasa pemasaran langsung, seperti “Beli sekarang juga” harus dihindari. Agar pembaca tertarik, penulis iklan advertorial harus bisa mencuri perhatian pembaca lewat judul. Judul yang menarik akan membuat pembaca merasa bahwa artikel tersebut adalah artikel yang sarat informasi.


Iklan advertorial untuk bisnis kuliner

  • Iklan advertorial cocok untuk bisnis kuliner karena melalui iklan advertorial, Anda dapat menceritakan dengan detail tentang makanan atau minuman yang Anda jual.
  • Hal yang diceritakan, misalnya bahan yang digunakan untuk membuat makanan atau minuman, rasa makanan atau minuman, cara membuat makanan atau minuman, dan jika ada, keunikan makanan atau minuman yang Anda jual yang tidak dimiliki kompetitor.
Halaman: 2
TAG:
pasangiklan
iklan advertorial
cara pasang iklan advertorial
apa itu iklan advertorial