5 Tips Mengembangkan Bisnis Online

content
Edukasi UMKM

26/01/2022

Kian hari kian banyak orang yang menjadi pebisnis online. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, apakah bisnis online Anda sudah berkembang? Jika belum, Anda mungkin dapat menerapkan tips-tips mengembangkan bisnis online di bawah ini.

1. Menentukan target audiens

Target audiens yang dimaksud adalah target pasar atau pelanggan Anda. Pastikan target audiens sesuai dengan produk yang Anda jual. Jika Anda bisa menentukan target audiens, maka bisnis Anda bisa menjadi lebih fokus. Sebaliknya tanpa target audiens yang jelas, bisnis Anda tidak bisa fokus.


Sesudah mengetahui target audiens, maka Anda bisa mengembangkan bisnis melalui cara-cara yang sesuai dengan karakteristik target audiens Anda, misalnya saat berpromosi. Anda tidak perlu mencoba beragam cara promosi, cukup pilih satu atau dua yang sekiranya sesuai dengan target audiens Anda. Dengan demikian, promosi yang Anda lakukan bisa lebih fokus.


2. Manfaatkan media sosial

Zaman sekarang zamannya media sosial. Hampir setiap orang punya media sosial untuk berbagi cerita. Selain sebagai tempat untuk berbagi cerita, media sosial juga dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis.


Ada baiknya Anda membuat akun khusus untuk mempromosikan usaha Anda, misalnya akun Instagram khusus untuk mempromosikan usaha Anda. Karena karakteristik konten Instagram adalah konten visual, oleh karenanya pasanglah foto-foto yang bagus, yang menarik. Pun, foto Anda harus jelas. Selain foto, jangan lupa untuk menuliskan takarir alias caption. Takarir harus jelas dan menarik, membuat orang penasaran untuk mengeklik tombol call to action (CTA). 


Pada akun Instagram yang khusus untuk mempromosikan usaha Anda tersebut, Anda juga bisa menaruh tautan alias link ke website usaha Anda. Dengan demikian, nantinya traffic ke website usaha Anda dapat meningkat.


Jika Anda ingin mempromosikan usaha Anda di Instagram, Anda dapat beriklan Instagram di Pasangiklan.com. Ada dua jenis iklan Instagram di Pasangiklan.com, yakni iklan dalam bentuk feed dan iklan dalam bentuk story. Iklan dalam bentuk feed akan tayang selama 7 hari, sedangkan iklan dalam bentuk story akan tayang selama 24 jam.


Iklan Instagram di Pasangiklan.com akan tayang di akun @grid_id, @majalah_bobo, @bolasport, @hai_online, @idea_online, @tabloidnovaofficial, dan masih banyak lagi. Harga beriklan Instagram di Pasangiklan.com cukup terjangkau, yakni mulai Rp100.000-an.


3. Memberikan pelayanan yang berkualitas

Tips mengembangkan bisnis online selanjutnya adalah memberikan pelayanan yang berkualitas. Ingat, pelanggan adalah raja. Jadi, sebisa mungkin berikan pelayanan terbaik kepada mereka. 


Contoh pelayanan yang berkualitas adalah Anda dapat menjawab dengan jelas ketika pelanggan menanyakan sesuatu yang berhubungan dengan produk yang Anda jual. Oleh karena itu, memiliki product knowledge sangatlah penting agar Anda bisa menjawab dengan baik ketika ada pelanggan yang bertanya. 


Contoh pelayanan yang berkualitas lainnya adalah Anda menangani keluhan pelanggan dengan baik. Ketika pelanggan menyampaikan keluhan, Anda harus memperhatikan dengan saksama agar Anda dapat menanganinya dengan baik. Pun Anda harus sabar saat menghadapi pelanggan. Dan, yang terpenting berilah solusi atas keluhan yang disampaikan sehingga pelanggan merasa puas dengan pelayanan Anda.

Halaman: 2
TAG:
bisnis
bisnis online
mengembangkan bisnis