Ingin Terjun ke Dunia Bisnis Kesehatan? Bisnis Apotek Bisa Menjadi Pilihanmu

content
Inspirasi UMKM

25/03/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Bidang bisnis bermacam-macam, salah satunya adalah apotek. Seperti apa tips berbisnis apotek? Simak penjelasannya di bawah ini.


1. Tentukan lokasi

Tips berbisnis apotek yang pertama adalah menentukan lokasi. Ya, pemilihan lokasi di mana apotek berada sangatlah penting. Pemilihan lokasi yang tepat akan mendatangkan banyak pembeli. Hal tersebut nantinya dapat berdampak kepada keuntungan bisnis Anda.


Sebagai seorang pebisnis, termasuk pebisnis apotek, Anda tidak boleh sembarangan dalam menentukan lokasi. Anda harus melakukannya dengan cermat. Jika Anda salah dalam pemilihan lokasi, hal tersebut nantinya dapat berdampak kepada ketidaklancaran bisnis Anda. Anda harus memikirkan dengan baik-baik hingga Anda bisa menentukan lokasi yang tepat.


Sebisa mungkin, dirikanlah apotek di lingkungan yang strategis. Strategis maksudnya di sini adalah lokasi yang dekat dengan keramaian penduduk, dekat dengan fasilitas umum, dan akses jalan menuju ke apotek dilalui kendaraan umum. Pastikan juga di lingkungan tersebut tidak apa apotek lain yang berdiri agar Anda tidak kalah saing.


2. Urus perizinan

Tips berbisnis apotek yang kedua adalah mengurus perizinan. Memproses perizinan sering kali diabaikan oleh pebisnis, padahal memproses perizinan merupakan hal yang penting. Mengurus perizinan merupakan hal yang penting sebab hal tersebut menjadi bukti keabsahan apotek Anda. Alasan kedua mengapa mengurus perizinan merupakan hal yang penting adalah untuk membangun kepercayaan konsumen. Ya, apabila Anda sudah mengurus perizinan apotek, konsumen akan lebih percaya.


Mengurus perizinan tidaklah terlalu sulit. Asalkan Anda menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan, maka proses mengurus perizinan akan berjalan lancar. Jadi, kalau sampai hari ini Anda belum mengurus perizinan aotek, segera urus, ya.


3. Susun strategi bisnis

Tips berbisnis apotek yang ketiga adalah menyusun strategi bisnis. Menyusun strategi bisnis penting dilakukan karena strategi bisnis dapat menjadi acuan atau pedoman Anda dalam menjalankan bisnis. Dengan strategi bisnis yang baik, Anda bisa menjadi lebih fokus dalam menjalankan bisnis. Sebaliknya, tanpa strategi bisnis yang baik, Anda bisa-bisa menjadi tidak fokus dalam menjalankan bisnis karena tidak mempunyai pedoman yang baik.


Apa saja yang harus dimasukkan pada strategi bisnis? Jawabannya adalah anggaran seluruh biaya, yakni biaya pengeluaran dan biaya pemasukan; perencanaan kegiatan promosi yang nantinya dilakukan; jumlah pegawai yang akan direkrut; serta pelayanan kepada konsumen. 


4. Peroleh modal dan lakukan pembukuan

Tips berbisnis apotek yang keempat adalah memperoleh modal dan melakukan pembukuan. Dari mana sumber modal? Sumbernya ada dua, yakni dari tabungan pribadi dan pinjaman dari pihak luar. Apabila modal Anda masih kecil, jangan khawatir. Anda masih tetap dapat berbisnis apotek, akan tetapi apoteknya merupakan apotek skala kecil. Nantinya, jika apotek Anda sudah merengkuh kesuksesan, secara perlahan-lahan, Anda dapat mengembangkan apotek Anda ke apotek skala besar.


Setelah Anda memperoleh modal, Anda tentunya menggunakan modal tersebut untuk biaya operasional. Ketika Anda sudah menggunakan modal untuk keperluan biaya operasional, jangan lupa untuk melakukan pembukuan agar segala transaksi tercatat dengan rapi dan baik.


5. Jalin kerja sama dengan asuransi kesehatan

Halaman: 2
TAG:
tips
bisnis
apotek
kesehatan