5 Manfaat Promosi bagi Bisnis

content
Edukasi UMKM

13/07/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Bisnis tidak dapat dilepaskan dari yang namanya promosi. Apa saja manfaat promosi bagi bisnis? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Membangun branding

Manfaat promosi bagi bisnis yang pertama adalah membangun branding. Branding adalah kegiatan memberikan merek, logo, slogan yang memberikan identitas pada produk yang dijual sehingga menjadikannya memiliki ciri khas dan berbeda dengan produk pesaing. Dalam bisnis, branding penting dilakukan agar bisnis Anda dikenal masyarakat.


Jika Anda sudah melakukan branding sedemikian rupa, akan tetapi tidak ada kegiatan promosi, maka apa yang Anda lakukan sia-sia. Jadi, selain melakukan branding yang bagus, promosi harus tetap dilakukan agar, sekali lagi, bisnis Anda makin dikenal masyarakat.


Ketika Anda melakukan promosi produk yang Anda jual, secara otomatis, Anda juga mengikutsertakan merk, logo, dan slogan bisnis Anda. Inilah kesempatan untuk membangun branding. Dengan adanya promosi, orang akan tahu merek, logo, dan slogan bisnis Anda. Ya, merek, logo, dan slogan Anda akan makin dikenal.


2. Meningkatkan awareness tentang produk baru dan produk lama

Manfaat promosi bagi bisnis yang kedua adalah meningkatkan awareness tentang produk baru. Ketika ada produk baru, Anda tentu mempromosikannya, bukan? Nah, kegiatan promosi produk baru tersebut dapat meningkatkan awareness masyarakat tentang produk baru itu. Akan makin banyak orang yang mengenal produk baru itu. 


Selain untuk mengenalkan produk baru, promosi juga bisa dilakukan untuk kembali mengenalkan produk lama. Mungkin Anda masih punya stok produk lama, lalu Anda ingin menjualnya lagi, maka Anda pun mencoba mempromosikannya. Jika itu terjadi, maka pelanggan akan bisa kembali teringat oleh produk lama itu. Ini juga akan membentuk awareness tentang produk lama.


3. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Manfaat promosi bagi bisnis yang ketiga adalah meningkatkan loyalitas pelanggan. Jika Anda sering mengadakan promosi, pelanggan tentu lebih sering membeli produk Anda. Dengan demikian pelanggan tersebut bisa menjadi pelanggan yang loyal.


Ketika tidak ada promosi, pelanggan biasanya enggan membeli. Nah, dengan adanya promosi yang Anda jalankan, keengganan pelanggan berubah. Mereka tidak lagi enggan untuk membeli, akan tetapi mau membeli. Apalagi jika promosi yang Anda jalankan cukup menarik, ini bisa menambah semangat pelanggan untuk mau membeli produk Anda. Dan, sekali lagi, jika Anda sering mengadakan promosi, maka pelanggan pun akan sering membeli produk Anda sehingga mereka bisa menjadi pelanggan yang loyal. Ini tentu menguntungkan Anda, bukan?


4. Menarik pelanggan baru

Manfaat promosi bagi bisnis yang keempat adalah menarik pelanggan baru. Pada umumnya, promosi dilakukan dengan menyasar pelanggan secara umum, baik pelanggan lama maupun pelanggan baru. Jika promosi yang Anda jalankan menarik, maka akan ada pelanggan-pelanggan baru yang mau berpartisipasi pada promosi tersebut. Nah, pelanggan-pelanggan baru ini pun nantinya membeli produk yang Anda jual.


Ya, kegiatan promosi dapat dijadikan sebuah kesempatan untuk menarik pelanggan baru. Pastikan pelanggan baru tersebut menerima promosi yang sesuai dengan yang Anda tawarkan sehingga mereka merasa puas dan senang. Pelanggan baru tersebut berpotensi menjadi pelanggan yang loyal.


5. Meningkatkan penjualan

Halaman: 2
TAG:
manfaat
promosi
bisnis