Antigagal Berbisnis Hotel

content
Inspirasi UMKM

28/04/2022

Kian hari, kian banyak orang yang terjun ke dunia bisnis. Bidang bisnis bermacam-macam, salah satunya hotel. Seperti apa tips berbisnis hotel? Simak penjelasan di bawah ini.


1. Berikan layanan terbaik

Tips berbisnis hotel yang pertama adalah memberikan layanan terbaik. Ya, sebagai seorang pebisnis, termasuk pebisnis hotel, Anda dituntut untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen, apalagii bisnis hotel termasuk ke dalam bisnis jasa. Jika Anda mampu memberikan layanan terbaik, konsumen akan merasa senang dan tidak menutup kemungkinan, mereka akan datang lagi untuk menginap di hotel Anda.


Agar dapat memberikan layanan terbaik, Anda harus melatih karyawan-karyawan Anda yang bekerja di hotel Anda. Latihlah mereka dengan sebaik mungkin agar mereka pun nantinya dapat memberikan layanan terbaik kepada konsumen yang menginap di hotel Anda. Tanpa pelatihan yang baik, layanan terbaik itu tidak akan terwujud. Sebaliknya, dengan pelatihan yang baik, layanan terbaik tersebut bisa terwujud.


Ingat, pelanggan adalah raja. Jadi, bagaimana pun karakteristik pelanggan, Anda harus tetap bisa memberikan layanan terbaik. Apa pun keinginan pelanggan, sebisa mungkin cobalah untuk memenuhinya. Cobalah untuk memahami pelanggan dan memenuhi apa mau mereka. Dengan demikian, pelanggan akan merasa puas dan senang. Ini juga berlaku untuk bisnis hotel.


2. Gunakan cara pemasaran yang tepat

Tips berbisnis hotel yang kedua adalah menggunakan cara pemasaran yang tepat. Bisnis tentu tidak bisa dipisahkan dari pemasaran. Melalui pemasaran, bisnis Anda akan makin dikenal luas, makin banyak orang yang mengenal bisnis Anda. Dengan demikian, peluang terbelinya barang yang Anda jual atau tergunakannya jasa yang Anda tawarkan akan makin besar.


Melakukan pemasaran tidak boleh sembarangan, akan tetapi harus dilakukan dengan hati-hati dan cermat. Jangan sampai Anda salah langkah agar pemasaran tersebut tepat sasaran. Perhatikan juga bujet yang Anda miliki sebelum memutuskan mau menggunakan cara pemasaran yang mana.


Kalau Anda hendak memasarkan bisnis Anda, Anda dapat melakukannya di Pasangiklan.com. Di Pasangiklan.com, Anda dapat memasarkan bisnis Anda lewat iklan. Ada lima jenis iklan di Pasangiklan.com yang dapat Anda gunakan, yakni iklan digital (iklan dalam bentuk banner), iklan baris (tayang di harian Kompas), iklan TV (tayang di Kompas TV), iklan Instagram (iklan dalam bentuk feed atau story), dan iklan advertorial (iklan dalam bentuk artikel). Harga untuk beriklan di Pasangiklan.com cukup terjangkau, yakni mulai Rp50.000-an.


3. Berikan penawaran khusus

Tips berbisnis hotel yang ketiga adalah memberikan penawaran khusus. Sekarang, untuk memesan hotel, tidak perlu langsung memesan di hotel, akan tetapi bisa melalui travel agent atau online travel agent. Anda tentu tidak bisa memberikan penawaran khusus kepada konsumen yang memesan kamar di hotel Anda melalui travel agent atau online travel agent.


Penawaran khusus dapat Anda berikan kepada konsumen yang memesan kamar di hotel Anda pada resepsionis. Pun, penawaran khusus dapat Anda berikan pula kepada konsumen yang melakukan reservasi melalui website hotel Anda atau aplikasi reservasi hotel (jika ada). Penawaran tersebut dapat berupa potongan harga alias diskon menginap. Dengan memberikan penawaran khusus, konsumen tentu merasa senang. Ya, siapa yang tidak senang bila mendapat potongan harga? Semua orang tentu senang, bukan?


4. Miliki website atau aplikasi untuk melakukan reservasi

Halaman: 2
TAG:
tips
sukses
bisnis
hotel
antigagal